Berbagi itu Mudah

Kebaikan yang kita lakukan
Tak ada yang sia-sia
Karena,
 Kita sedang menabung kebaikan
Untuk diri kita sendiri
Di masa depan
#JanganTakutBerbagi


Mendengar kata berbagi, apa yang terlintas dalam pikiran kalian? Berbagi makanan atau berbagi kue dengan saudara kita? atau Berbagi uang ke orang-orang yang membutuhkan? Pengertian kedua tersebut mengenai berbagi memang benar, tetapi berbagi itu tidak harus dengan uang, tidak harus menunggu kita punya banyak uang dan sangat berkecupan baru kita tergerak hatinya untuk berbagi. Menurut pengertian dari kbbi, berbagi yaitu membagi sesuatu bersama. Sedangkan arti dari wikipedia, arti berbagi yaitu memberi atau menerima sesuatu dari barang, cerita, kisah, uang, makanan dan segala hal yang penting bagi hidup kita.

Berbagi itu bisa lewat atau melalui cara apa saja, tidak hanya melulu soal uang. Karena berbagi itu mudah. Bisa dengan berbagi senyuman, berbagi cerita, berbagi bantuan, dan atau bisa berbagi dengan cara menjadi jembatan orang yang ingin berbagi. Berbagi juga bisa dilakukan di lingkup keluarga. Berbagai sesama saudara. Seperti, berbagi makanan, berbagi bantuan ketika saudara kita sedang kesusahan dan berbagi tempat. Tak hanya di lingkup keluarga saja, di lingkungan masyarakat juga kita bisa berbagi. Seperti membantu nenek yang sedang membawa barang berat dan hendak menyebrang. Dengan penuh rasa peduli, kita bisa berbagi dengan mengulurkan tangan kita membantu nenek tersebut membawa barangnya dan membantu menyebrangkannya. Karena berbagi itu mudah.

BERBAGI VERSI SAYA


www.annisarachmawati-ph.com

Berbagi penuh arti yang pernah saya rasakan itu sewaktu saya menginjakan kaki di tanah perantauan, kota Semarang. Saya bertemu dengan orang-orang yang memiliki visi dan misi yang sama. Di organisasi kerohisan, khususnya di bidang Sosial dan Masyarakat PHBI inilah saya bisa merasakan dan mengerti apa arti dari berbagi itu.

Berbagi versi saya ini tidak lah melulu harus mengeluarkan banyak uang justru  malah memberikan banyak uang. Memberikan?? Iyaa disini saya memberikan banyak uang dengan menjadi jembatan bagi orang yang ingin berbagi. Di organisasi kerohisan ini memiliki program kerja yang bernama bulan jumpa dhuafa. Kegiatan bulan jumpa dhuafa atau BJD ini, dapat menjadi wadah bagi mahasiswa maupun dosen yang ingin berdonasi. Donasi yang diberikan ini nantinya akan kami berikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Berbagi kepada anak-anak yatim piatu dan berbagi kepada anak jalanan yang menjadi sasaran dalam kegiatan BJD kami ini.

Bentuk donasi

Gambar diatas inilah salah satu bentuk donasi yang diberikan oleh teman-teman saya. Dan dari donasi tersebutlah, kami berikan dalam bentuk kasur yang sangat dibutuhkan oleh mereka, ketimbang mereka harus tidur hanya beralaskan tikar.

Berbagi Ilmu

Selain berbagi dalam bentuk benda. Arti berbagi buat saya yaitu bisa memberikan kebahagiaan buat mereka. Berbagi senyuman dan tentunya berbagi ilmu yang bisa kami berikan kepada mereka.

Bersama Anak Jalanan

Arti berbagi kami selain kami bagikan kepada anak yatim, kami juga berbagi kebahagiaan kepada anak jalanan yang dikelola oleh komunitas rumpin bangjo yang letaknya di dekat semawis, dan pasar johar. Seperti biasa tak hanya menjadi jembatan dari orang yang berbagi, kami juga berbagi kebahagiaan dan senyuman dengan bermain bersama, dan berbagi ilmu kepada mereka.

Berbagi Ilmu

Bermain Bersama

Pejuang Berbagi

Yaa itu dia berbagi versi saya. Berbagi yang tidak melulu harus berupa uang. Berbagi bisa kapanpun, dimanapun, dan kepada siapapun. Berbagi tidak harus pas kita sudah cukup baru berbagi, tetapi berbagi bisa berupa dalam wujud berbagi kebahagiaan dan senyuman. Meskipun saya hanya menjembatani orang yang ingin berbagi, dengan cara iniliah saya mengerti arti dan makna dari berbagi serta saya jadi turut serta berbagi kepada mereka. 

BERBAGI DENGAN DOMPET DHUAFA


Jangan tunggu kaya dulu baru berbagi. Dengan berbagi, tidak akan membuat kalian miskin, justru akan membuat kalian berlebih dan menjadi tabungan amal jariyah kalian di Akhirat nanti. 

Berbagi bisa dilakukan secara langsung maupun secara tidak langsung dengan perantara. Sekarang ini banyak sekali lembaga-lembaga yang dapat mewadahi kita untuk berbagi secara tidak langsung. Salah satu wadah yang terpercaya yaitu dapat melalui Dompet Dhuafa. Dompet dhuafa dapat membantu Anda untuk berbagi menjadi lebih mudah, bermanfaat dan bermakna.


Saat berbagi, tentunya kita ingin memberikan sesuatu menjadi lebih bermanfaat dan memberikan dampak yang baik bagi si penerimanya atau masyarakat yang menerima. Dengan berbagi bersama Dompet Dhuafa, Anda akan terlibat secara tidak langsung dalam mengetas kemiskinan dan upaya membangun Indonesia menjadi lebih maju. 

Dengan berbagi bersama Dompet Dhuafa, kini kalian tidak usah ragu lagi, apakah donasi yang kita berikan tersampaikan atau tidak? Dan Digunakan untuk apakah donasi yang kita berikan ini?. Dengan laporan rutin dan update informasi yang rutin, Anda akan melihat bahwa apa yang anda bagikan tersebut bukan hanya untuk menuntaskan kewajiban saja, tetapi dapat memberikan makna tersendiri bagi mereka yang membutuhkan. 

Melalui Dompet Dhuafa ini, kalian bisa berdonasi berapa saja, sesuai dengan kemampuan kalian. Selain sesuai dengan kemampuan, kalian juga bisa berdonasi dalam bentuk apapun. Bisa dalam bentuk zakat, infak, sedekah, wakaf maupun dalam bentuk sumbangan kemanusiaan. Donasi yang kalian berikan, akan tersalurkan ke program dompet dhuafa yaitu kesehatan, pendidikan, ekonomi dan pengembangan sosial.


1. Program Kesehatan
  Pemanfaatan dalam program kesehatan berupa mendirikan berbagai lembaga kesehatan. Seperti pada tahun 2009, dompet dhuafa telah mendirikan rumah sakit gratis bagi pasien yang tergolong mayarakat miskin di kabupaten Bogor.
2. Program Pendidikan
   Program ini berupa mendirikan beberapa jejaring dengan beragam program pendidikan gratis serta beasiswa untuk siswa unggul tetapi tergolong tidak mampu
3. Program Ekonomi
    Program ini bertujuan untuk mengentas kemiskinan.
4. Program Pengembangan Sosial
     Program ini bertujuan untuk membantu Saudara kami yang tertimba musibah.


Gimana masih takut untuk berbagi? Masih bingung untuk berbagi dimana? Ngga udah bingung dan risau lagi, sekarang berbagi itu mudah. Terlebih di Zaman serba teknologi ini, kalian tinggal duduk santai, geser-geser Hp Anda dan kalian bisa langsung berdonasi dengan Dompet Dhuafa. Dengan kanal donasi online (https://donasi.dompetdhuafa.org/) di Dompet Dhuafa, kalian bisa langsung berdonasi kapanpun. Selain melalui kanal donasi online, dompet dhuafa juga memberikan banyak pilihan layanan seperti melalui transfer, counter, care visit (meninjau langsung lokasi program), tanya jawab zakat, edukasi zakat dan laporan donasi. 


Kini, donasi di dompet dhuafa sekarang bisa melalui Go Pay. Donasi terbaikmu pada sesama bisa disalurkan dengan mudah melalui Go Pay. Dan caranya cukup mudah banget yaitu dengan cukup scan QR Code yang tertera pada gambar diatas atau QR Code yang berada di counter Dompet Dhuafa. Setelah Scan QR Code nya lalu kalian tinggal klik dibawah ini :

Gimana berbagi itu mudah bukan? Dan jangan lupa luruskan niat berbagi kalian untuk ibadah yaa, bukan karena ingin dibilang dermawan. Ayoo berbagi dan #JanganTakutBerbagi

Berikut terdapat cuplikan video dari Dompet Dhuafa yang menceritakan kisah perjuangan Ustadz Hendra yang di hidup di pulau buatan bernama pulau Tihi-tihi, yang terletak di Bontang, Kalimantan Timur. Disana, ia mengabdikan dirinya untuk melakukan dakwah meskipun dengan menggunakan perahu dakwah. 
#JanganTakutBerzakat

...
" Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jangan Takut Berbagi yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa "

0 Comments