Ramuan beras+kencur, untuk bengkak

Jatuh dari tangga, lalu bangun rumah tangga. Mungkin kalau kayak gitu ngga sesedih dan sesakit ini kali yaa. Eaa. Hehehe

Jadi, 4 hari yang lalu, saya baru saja jatuh dari tangga. Ketika saya mau turun dari tangga, kirain posisi saya tuh udah di akhir tangga ternyata saya masih di posisi dua atau tiga tangga lagi. Dan ngga tau gimana proses jatuhnya karena saya ngga inget, tau-tau saya sudah jatuh dengan posisi kaki saya sedikit menekuk. Sakitt tapi ngga berdarah. Disitu saya cuman bisa ketawa ketawa, sedih sakit gitu. Ketawa karena kok bisa saya jatuh kayak gitu dari tangga lagi. Sedih karena emang sakit banget cuyy. Nyeri nya ngga tahan. Saat itu, dirumah ada minyak tawon, sama mama langsung diolesin pake minyak tawon dibagian yang nyeri ini. Ngga begitu membantu sih tapi cukup untuk meringankan sebagai bentuk pertolongan pertama. 

Keseleo/Terkilir
Menurut ilmu medis, terkilir merupakan salah satu jenis cedera ligamen yang diakibatkan oleh robeknya serat-serat ligamen. Sedangkan keseleo merupakan cedera yang diakibatkan oleh peregangan otot yang melebihi batas normal. Pada umumnya, keseleo/ terkilir paling sering terjadi pada pergelangan kaki. Dan memiliki tanda-tanda seperti mengalami pembengkakan, memar pada bagian yang mengalami cedera dan mengalani perubahan warna. 

Ternyata terdapat cara yang harus dilakukan pertama kali ketika kalian mengalami terkilir/keselo, cara tersebut dikenal dengan sebutan RICE. REST. Segera istirahatkan diri kalian, berhentilah sejenak aktivitas kalian yang dapat menyebabkan cedera tersebut. Namun, ketika kalian sudah agak sedikit enakan. Kalian bisa merilekskan anggota tubuh kalian yang mengalami cedera untuk melatih otot-otot kalian. ICE. Gunakan kompresan air dingin pada anggota tubuh yang mengalami cedera. Pengaplikasian ini bisa dilakukan selama 20-30 menit setiap 2-3 jam sekali. Hal ini bertujuan untuk menghambat pembengkakan setelah terjadi cedera. COMPRESSION. Perban daerah yang terkilir agar membatasi pembengkakan dan pergerakan yang dapat menyebabkan kerusakan lanjutan. ELEVATION. Angkat dan sangga kaki kalian untuk meninggikan posisinya diatas jantung selama 48 jam pertama. 

Ketika saya terjatuh, belum terdapat tanda-tanda tersebut tetapi baru merasakan nyeri yang begitu luar biasanya. Mau berdiri aja rasanya susah banget. Saya rebahkan sebentar kaki saya, lalu saya berdiri. Untuk berjalan gimana? Rasanya sakit banget. Mau jalan normal aja susah banget, karena pas diangkat kaki nya emang sakit, jadilah jalannya terseol-seol. Lama kelamaan, pada bagian mata kaki saya mengalami pembengkakan dan sedikit memar. Saya olesi saja minyak tawon. Tapi tetap saja sakit dan bengkak. Kaki rasanya pegel semua. Mau sholat juga susah banget apalagi pada saat menekukan kaki ketika duduk diantara dua sujud dan duduk tahiyat akhir, alhasil saya sholatnya duduk. 

Semakin siang, badan saya menjadi demam, panas dan jadi lemes karena pegel banget, dan ngga bisa melakukan kegiatan apa-apa. Saya pun beristirahat tidur, untuk mengenakan badan saya ini. Namun, bangun-bangun, tetap saya masih agak panas dan masih nyeri banget (pengen nangis bangett, sakit banget soalnya). Rasanya pengen diurut ke tempat yang dulu biasanya orang-orang kalau terkilir kesana. Tapi setelah dipikir-pikir, takut juga kalau diurut, takut salah urut nanti malah panjang ceritanya. Dan akhirnya saya memutuskan untuk ke klinik saja, berobat. Tapi sebelumnya, saya nanya dulu ke teman saya, yang pernah jatoh juga dan memar pada kaki nya. Dia ketika kakinya memar, disarankan oleh ibu nya untuk mengoleskan kakinya dengan ramuan beras dan kencur. Namun, sebelum saya mempraktikannya, saya berobat ke klinik dahulu. 

Ramuan Beras + Kencur


Ketika saya, berobat saya dikasih beberapa macam obat karena takut ada infeksi pada kaki saya ini. Karena saya merasakan demam juga. Selain diberikan obat, saya juga disarankan dokter untuk mengoleskan ramuan beras kencur, seperti yang disarankan oleh teman saya, ke kaki saya khususnya dibagian yang bengkak dan memperbankannya dengan kain. 

Kencur sendiri merupakan tanaman herbal yang biasa digunakan untuk bahan jamu tradisional. Dalam dunia pertanian, kencur dikenal dengan nama Kaempferia galanga. Tanaman kencur merupakan sumber dari Z eng, Pati, Aster ethyl, Paraeumarin, Borneol, Mineral, Asam cinamid, dan nutrisi lainnya yang biasa digunakan dalam bahan obat tradisional. Tanaman kencur ini memiliki banyak khasiat seperti meningkatkan stamina, antioksidan, mengobat batuk, mengurangi rasa kembung dan juga sebagai obat untuk bengkak atau tekilir. 

Saat itu lah saya nanya-nanya ke temen saya lebih intens lagi, cara buatnya dan lain-lainnya. Ternyata ramun beras kencur ini sudah ada sejak lama. Mengobati kaki yang bengkak dan dicampur dengan beras merupakan obat yang biasa digunakan. Cara membuatnya juga cukup gampang, dengan merendam beras nya terlebih dahulu lalu digerus berasnya sampai berbentuk seperti tepung lalu gerus kembali bersama kencur yang sudah di kupas dan di cuci bersih, hingga berbentuk seperti ini


Setelah berbentuk seperti param, lalu oleskan ke bagian yang bengkak dan setelah itu di perban dengan kain. Lakukan hal tersebut secara terus menerus, setelah mengering dibersihkan lalu bisa dipakaikan kembali. Dan alhamdulillah saya setelah mengoleskan ramuan beras kencur ini dibarengi dengan obat yang saya minum, saya sudah ngga merasa sakit dan nyeri lagi dan sudah bisa berjalan normal kembali. Awalnya masih belum bisa ditekuk kakinya, tapi setelah diolesin tiap malam, kaki saya mulai agak sedikit enakan dan bengkak di mata kaki saya sudah mulai berkurang 

Jadi kalau kalian terkilir atau keseleo, jangan asal main urut aja yaa. Takutnya salah urut dan jadi kenapa-napa. Mending langsung mengoleskannya dengan ramuan beras kencur ini dan disamping dengan berobat ke dokter. Dan jika ketika kalian cedera, dan langsung mengalami demam, segera mungkin berobat yaa, takutnya nanti malah infeksi.

Be healthy guys ^^


0 Comments