Serba-serbi menu berbuka puasa

"Marhaban Yaa Ramadhan"
Selamat datang bulan Ramadhan, bulan yang paling istimewa, bulan yang sangat dinanti-nantikan kedatangannya dan bulan yang sangat dirindukan kepergiannya. Di bulan penuh berkah ini, banyak sekali orang berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Puasa di bulan Ramadhan tidak hanya harus bisa menahan lapar dan haus saja, tetapi juga harus menjaga semuanya, menjaga mata, telinga dan lisan dari hal-hal yang tidak baik. 

Di bulan Ramadhan tentunya banyak sekali hal-hal unik atau kebiasaan yang dilakukan oleh kebanyakan orang. Salah satunya seperti ngabuburit. Ngabuburit berarti jalan-jalan menjelang berbuka puasa. Ngabuburit dilakukan sembari mencari takjil, makanan pembuka sebagai menu berbuka puasa. Mulai dari jam 4, orang-orang sudah sibuk berkeliaran mencari takjil. Sepanjang jalanan dipenuhi dengan penjual makanan dan minuman yang dapat menyejukkan dahaga. Nah, berikut serba-serbi menu berbuka puasa yang biasa menjadi incaran saat berbuka :
1. Berbuka dengan yang manis


     Pasti kalian sudah tidak asing lagi mendengar kalimat yang satu ini, "berbukalah dengan yang manis-manis". Istilah manis biasa identik dengan teh manis dan sirup. Hal tersebut tidak lah salah, tetapi hal yang manis disini yaitu Kurma. Kita disunnahkan untuk berbuka dengan memakan Kurma karena begitulah yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW. Selain itu baru deh, dengan minum yang manis seperti teh manis atau air sirup
2. Kolak


     Makanan yang terbuat dari pisang, kolang-kaling dan santan ini merupakan makanan yang tidak pernah absen selama bulan Ramadhan. Makanan ini masih menjadi primadona bagi sebagian orang. Rasanya yang manis dan gurih ini mampu mengugah selera di sebagian orang. Selain kolak pisang, ternyata ada aneka olahan kolak lainnya loh, seperti kolak ubi, kolak singkong, kolak candil dan kolak biji salah. Apa favorit kolak kalian? Kalau aku sih kolak pisang
3. Aneka gorengan


     Menu favorit yang satu ini juga tak kalah primadonanya selama bulan Ramadhan. Menu makanan ini yang selalu hampir dicari oleh para pencari takjil. Yaa, apa lagi kalau bukan gorengan.. Rasanya sehari tanpa gorengan, itu seperti ada sesuatu yang hilang. eaa. Selain harganya yang cukup murah meriah, rasanya yang gurih, renyah enak, makanan ini juga banyak banget tersebar di berbagai para penjual takjil. Aneka gorengan yang biasa dicari yaitu bakwan, tempe, tahu, pastel, risol dan pisang goreng. Aneka gorengan ini tidak lengkap tanpa ditemani dengan bumbu sambal kacang atau sambal kecap.
4. Aneka jenis es


     Berbuka puasa selain untuk menghilangkan rasa lapar juga menghilangkan rasa dahaga. Menu satu ini yang tak kalah ketinggalannya untuk menyegarkan tenggorokan yaitu sop buah. Selain menyegarkan juga menyehatkan karena terdiri dari aneka buah-buahan dan sirup. Rasanya yang manis, dan segar tentunya mampu menghilangkan rasa dahaga di tenggorokan. Aneka jenis es lainnya selain sop buah, yang biasa disantap itu ada es kelapa, es kopyor, es cendol, es lidah buaya dan es blewah. Minuman es blewah ini yang selalu ada dan tak pernah absen juga selama bulan Ramadhan. Banyak sekali di pasar, penjual yang menjajakan buah blewah ini. Biasanya es blewah di kombinasikan dengan timun suri.

Nah itu dia serba-serbi menu berbuka puasa yang tak pernah absen selama bulan Ramadhan dan selalu tersedia di meja makan. Gimana guys, sudah terpikirkan mau berbuka puasa dengan apa? 
Selamat berpuasa yaa

0 Comments