Cukup 34 hari saja, ku mengenalmu

Squad Mangunharjo

Tinggal bersama dengan orang yang belum begitu dikenal dalam waktu yang lama itu luar biasa banget. Terlebih belum saling mengenal karakter masing masing. Dan karena waktu lah yang akhirnya membuat kita saling mengenal

Yaa,, dari sinilah awal mula saya mengenal kalian semua. Mengenal sifat dan karakter kalian, serta kejelekan dan kebaikan kalian. Ngga gampang untuk bisa saling mengenal. Pasti butuh waktu untuk bisa tau lebih dalam. Dan waktu telah membuktikan, akhirnya saya bisa mengenal kalian lebih dalam. (Agak belibet yaa bahasanya).

Pengalaman belajar lapangan atau biasa disingkat PBL ini merupakan bagian pembelajaran yang ada di FKM. Hampir sama dengan KKN, cuman bedanya tidak 24 jam di tempat dan harus membutuhkan data yang ada di puskesmas/ pustu/ bidan/ gasurkes sebagai faktor penunjang dalam mencari prioritas masalah kita.  Di PBL ini terbagi menjadi 2 kecamatan, dan tiap kecamatan itu dibagi lagi menjadi beberapa kelurahan. Dan kebetulan saya kedapetan di kelurahan Mangunharjo. Satu kelurahan ini terdiri dari semua peminatan. Di saya sendiri ada peminatan KL, K3, PKIP, AKK, Gizi, Ento, Epid dan Biostat. (Ada semua yaa ternyata. Wkwk). Namun, di PBL ini tidak memandang kamu peminatan apa tapi kami ini satu yaitu FKM. Kami di paksa (bukan dipaksa sih tapi emang harus wajib) untuk tau tentang gizi, KIA, proses fasilitasi dan advokasi, mencari masalah, mengkaitkan nya dengan penyakit dan cara pencegahannya, dll.  Yaa, itu lah yang harus dimiliki oleh SKM. 

Kelurahan Mangunharjo ini menyimpan sejuta kenangan. Kenangan yang mungkin sulit untuk dilupakan. Eaaa. Tapi beneran sih, tawa, canda, kesel, marah, senang dan sedih semuanya tersimpan di Mangunharjo. Mungkin saya ngga akan menceritakan apa yang saya lakukan dari hari pertama sampe akhir. Karena itu bakalan panjang banget sih, jadi beberapa cuplikan aja yaa. Hehe

Posko kami

Kami kebetulan mendapatkan tempat tinggal atau biasa disebut posko. Tidak begitu besar, tapi cukup nyaman untuk kami singgahi. Dengan sok idean kita yang katanya pengen masak masak disana (ya sekedar masak mie atau apalah yang bisa menghangatkan) dan membawa kipas angin ke posko. Wkwk. Tapi akhirnya masak masak nya gajadi. (Maafkan yaa jing, kompor listrik yang kamu bawa akhirnya gapake. Hehe) dan kipas anginnya akhirnya mengandalkan kipas able nya inten. (Thanks kipas nya inten. Hehe). Awal pertama kami disana, kami membagi pj pj untuk ngehub ini, pj di rw ini, pj ke puskesmas dan pj pj lainnya. Saya dan inas kedapetan pj di RW 003. Berkat saya kedapetan di pj RW 003. Saya jadi apal bangettt jalan di RW 003. Mungkin orang orang disana juga apal kali yaa sama saya, karna saya sering banget pagi-siang-sore muter muter disana. 

Disana kami dibantu sama gasurkes yang super duper baik dan sabar banget. Hehe terimakasih yaa mbak nisa dan mbak hafi. Yang sudah mau saya ganggu terus dengan sering nanya nanya yang mungkin jawabannya itu udah pernah dijawab sebelumnya. Hehe. 

Kegiatan PSN 

Awal kali kami PBL, kami melakukan PSN di tempat yang ellite. Yaa hampir susah sih PSN di tempat ellite. Kudu sabar kalau di tolak. (Mungkin rasanya hampir sama kali ya dengan ditolak si doi.wkwk). Oiyaa PSN itu pemberantasan sarang nyamuk. Disini kami meriksa apakah ada jentik jentik nyamuk di tempat yang digenangi air. Baik di bak, kaleng bekas, tandon air, dispenser dan tempat tempat lainnya yang tergenang air. Jujur sih, awalnya saya gatau jentik itu kayak apa. Wkwk berkat ikut PSN ini saya jadi tau bentuk jentik itu. Dan ternyata ga semua perumahan yang bagus itu punya perilaku yang bagus juga.

Pemberian simbolis ikan kepada ibu kader

Pemberian ikan kedalam bak mandi

Untuk memberantas jentik nyamuk, disini ada program yang namanya ikanisasi. Ikanisasi itu pemberian ikan ke dalam bak mandi atau tempat yang mungkin jentik itu tumbuh dan berkembang biak. Selain program ikanisasi, ternyata ada program juga yang namanya itu saya lupa. Tapi sistem nya itu dengan menyebarkan nyamuk betina/jantan yang mandul. Jadi nyamuk itu tidak bisa bertelur. (Lucu jugaa yaa program nya. Hehe) . Untuk PSN aku kebetulan kedapetan PSN di RW 001. Yaa emang beda banget sih PSN di Perumahan sama di kampung. Orang orang nya lebih ramah ramah. Berkat ikut PSN ini juga saya bisa akrab banget sama ibu ibu kader disana. Baik baik banget dan lucu juga. Ikut PSN itu hal terenak karena selesai PSN pasti selalu dapet makan. Hehe selain bisa akrab dengan kader dan ibu ibu disana. Dapet makan itu point utama yang terenak. Hehe dan PSN terakhir kami itu di RW 003. Ada yang meriksa di panti asuhan dan ada juga yang meriksa sampe di kuburan. Wkwk (untung gue ga kedapetan meriksa disitu. Hihihi).

Kegiatan Posyandu

Kelas Ibu Hamil

Selain ikut PSN, kami juga ikut kegiatan lainnya seperti posyandu, kelas ibu hamil dan juga ikut rapat FKB. Kelas ibu hamil itu biasanya dilakukan di kelurahan dan kegiatannya itu senam hamil sama ada penyuluhannya juga. Pertama kali nya juga saya melihat seperti apa senam hamil itu.

Kegiatan lainnya sudah kami lakukan, dan tentunya yang paling penting itu kegiatan utama kami. Melakukan intervensi dari masalah yang kami ambil. Untuk pj koordinasi dari gizi itu mbak fani dan dari KIA itu pak khafid. Kelompok kita itu emang kelompok semena mena banget. Sama orang yang lebih tua aja juga di semena menain. Hehe (maafin yaa papid sering banget disuruh suruh sama kami. Hehe). Setelah data di dapatkan, kami langsung menganalisis data tersebut dan didapatlah satu masalah dengan menggunakan MCUA. Dari masalah tersebut kami cari lagi akar penyebab masalah nya dengan tulang ikan atau bahasa kerennya fish bone. Setelah dibuat akar penyebab masalah untuk mengetahui prioritas utama penyebab masalah nya itu, kami melakukan wawancara dengan instrumennya, kuesioner. Responden kami itu ibu hamil. Hal yang paling menarik saat wawancara yaitu siap menjadi pendengar yang baik bagi respondennya. Satu responden bisa 30 menit lebih untuk mendengar cerita ibu nya itu. Pernah saat saya sama inas sedang mencari ibu hamil, kami bertanya ke ibu yang sedang ada di warung. Jawaban atas pertanyaan saya sih sebenernya bisa di jawab cepet cuman perintilan nya itu lah yang ngejawab nya jadi lama. Ibu nya curhat tentang diri nya, kesehatannya, anak nya dan semua mua nya. Yaa satu lagi peran atau keahlian yang harus dimiliki seorang SKM. Hal itu ialah menjadi pendengar yang baik. Harus siap mendengar semua keluhan dan masukan dari masyarakat.  

Setelah didapatkan penyebab utamanya, kita cari intervensi atau solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Intervensi yang kami ambil yaitu mengadakan acara yang bernama sharing bunda. Sharing bunda ini modifikasi dari kelas ibu hamil. Outcome dari acara ini yaitu menambah pengetahuan ibu hamil. Selain ikut kegiatan ini, supaya pengetahuan ibu tetap bertambah, kami juga memberikan kalender yang bernama Kalgami. Kalgami ini berisi informasi informasi yang berhubungan dengan kesehatan  khususnya untuk ibu hamil.

KALGAMI

Sharing bunda ini dihadiri sebanyak 12 ibu hamil dan 7 kader. Untuk pengisi acara nya oleh ibu florence selaku nutrisionist dan ibu titik selaku bidan wilayah Mangunharjo. Karena semena mena nya kelompok, disini saya sebagai LO nya bu titik. Menjadi seorang LO itu bikin stress banget. Panik dan tegang, terlebih ibu nya tidak bisa dihubungi dari semalem sampe siang. Gimana ga panik coba, saya nya yang panik dan temen nya saya neror terus. Tambah lah stress aku 😂.  Dari pagi saya juga sudah menunggu ibu nya di PKM untuk meminta materi nya, namun di tunggu sampe hampir siang ternyata ibu nya sudah tidak berada di PKM. (Berasa tergores gores hati gue. Sakit tapi ga berdarah. Wkwk). Pas di PKM saya ditemani sama curucu (nama panggilan buat mbak santini). Ada hal lucu disini, curucu kan mau ketemu sama mbak linda, nah setau aku dari mbak fani, mbak linda pake baju nuansa merah merah gitu. Nah dijalan kan ada ibu ibu yang lewat, trus gue bilang aja ke curucu. "Cu, cu itu mbak linda cu". Curucu pun langsung ngejar ibu nya, sambil ngejelasin nama dan maksud tujuannya. Lalu ibu nya bilang, "kamu cari siapa?". Bu Linda bu. Dan ibu nya itu sambil nunjukkin kartu identitasnya yang nunjukkin kalau beliau bukan mbak linda. Hehe. Maafin yaa cu. Ternyata salah orang. Kami pun nyusul mbak nya yang lagi posyandu di RW 008. Dan kami pun nyasar muter muter nyari RW 008. Sampe hampir 30 menit kali yaa kami nyari tempatnya. Selesai bertemu, kami juga muter muter buat nyari makan dan akhirnya nemu soto terenak di Mangunharjo. Sampe udah 4x gue sama curucu makan soto disitu. Wkwk

Acara sharing bunda pun dimulai, nah disitu saya masih nunggu ibu nya yang belum dateng dateng. Udah panik minta ampun gue dah. Ditambah peneroran dari temen gue. Gile gile. Tapi alhamdulillah akhirnya ibu nya dateng dan acaranya berjalan dengan lancar.

Sharing Bunda 

Pembicara KIA dan Gizi

Intervensi ke masyarakat udah selesai tinggal ke instansi. Untuk instansi kami memberikan stand banner dan stiker selamatkan bunda. Serta kami juga memberikan form pencatatan konsumsi tablet Fe pada ibu hamil.

Intervensi ke Instansi

Yaa itu lah kegiatan kami selama 34 hari di Mangunharjo. Rela pagi pagi melewati debu dan macet nya Sigar Bencah, menghindari dari tilangannya polisi dengan berbagai cara, rela juga kolesterol nya naik efek makan gorengan tiap hari tiap pagi, rela pagi pagi yang harusnya udara dingin jadi terasa panas, rela berbagi kipas anginnya inten, ngerelain curucu beli makan pagi pagi. Wkwk. Yaa, sekarang udah ngga ada lagi deh, pagi pagi langsung disuguhi gorengan, siang nya langsung makan nasi padang, brunch nya selalu makan micin, salak terenak dari papid, colokan dan kipas angin nya inten yang selalu ditunggu tunggu, dengerin cerita bokep dari yang tidak bisa disebutkan namanya, pagi pagi udah dengerin curhatan perjuangan menghindari tilangan dari fanfan yang akhirnya di tilang juga sih. Wkwk, histeris nya anak anak kalau anak nya mama yun dateng (re : kucing), suka mempermasalahi masa aktif nya kita. Wkwk dan yang sebentar lagi itu yuniar setahun lagi, kehabisan air wudhu dan akhirnya sholat nya di masjid deket posko (oiyaa, pemandangan di masjid bagus bangett), numpang pipis di rumah penjaga posko, bersitegang sama kel gizi, jangan ada gap gap an antara kia sama gizi, pupung yang tiba tiba dimarahi sama tya, seketika ruangan itu langsung terdiam, pagi pagi intan bilang ada good news kalau while you were sleeping eps sekian udah tayang, pagi pagi buta macet macet ke PKM, makan soto terenak, ngeliat jentik jentik lagi, kalem nya tipong, dengerin lagu kesukaannya yuniar " mangga sisa mulut kampr*t", galaknya inas, cerita cerita menarik dari jingga, pelor nya hayu (yang katanya kalau dia diem, dia tuh langsung tidur), berisik nya curucu, jajan jajajan SD,  sidak rumah dosen (karena kita ga pernah disidak, jadi kita yang nyidak), haahhh masih banyak banget laaahh kenangan kami di Mangunharjo.

Pemandangan Indah di Masjid

Bersama DPL tercinta

Selesai Simulasi Sidang

Yaa, dari situ lah saya jadi paham karakter kalian. Anak KIA yang anak anak nya santai santai, anak Gizi yang anak nya serius serius semua. Mungkin kalau kata anak gizi, sengggol bac*k kali yaa. Wkwk.

Pas saat sidang, ada hal lucu banget. Si fanfan bener bener pencair suasana tegang banget. Kan ada kata kata dari yuniar, "masih gue pantau, bentar lagi gue sleeding". Nah si fanfan tiba tiba nanya, beda nya sleeding sama tendang apa. Wkwk fanfan thanks loh fan, udah jadi penghibur kita :).  Jadi tau kata kata unik dari yuniar, yang terbaru sih ini, "lah bocah ngapaya". Wkwk
Selesai Sidang

Yeayyy. Terimakasih squad Mangunharjo, sudah mengisi 34 hari ku penuh warna, terimakasih mangunharjo yang sudah bersedia kami tinggalkan kenangan yang begitu manis, terimakasih juga mbak nisa dan mbak  hafi yang sudah mau diganggu terus dan terakhir terimakasih jugaa buat bu siswa, sudah jadi DPL yang baik. We Love You 💕

Salam kangen untuk Mangunharjo 🌸







0 Comments