Selalu ada cerita di setiap perjalanan



Setiap perjalanan yang saya lakukan, pasti selalu penuh arti. Nggak pasti sih tapi emang bener juga sih. Setiap hal yang kita lakukan, secara langsung maupun tidak langsung, ada hikmah atau pengalaman yang ditemukan. Perjalanan penuh arti yang saya dapatkan itu terjadi setiap saya pulang baik ke bekasi maupun ke semarang. Karena kalau saya balik, pasti selalu sendiri. Nggak pasti juga sih ini, kadang kadang saya balik sama temen juga kok. Hehe

Banyak sekali orang orang hebat, unik dan "wow" yang saya temukan saat duduk bersebelahan, maupun hadap hadapan di kereta. Saya pernah dulu ketemu sama ibu dan bapak bapak yang mau ke surabaya. Ibu nya itu selalu ngajak ngobrol saya. Mulai dari keluarganya, pekerjaannya sampai hal pribadi nya. Saya sih orang nya seneng seneng aja diajak ngobrol gitu, justru saya terkadang suka mendadak interest gitu sama percakapannya. Dan bapak yang duduk di sebelah saya juga, ga kalah meriahnya dengan ibu ibu di depan saya. Sampai suatu ketika, bapak itu nawarin saya makanan, namun saya tolak karena saya udah bawa makanan juga. Dan terakhir nawarin saya buah pisang, cuman saya merasa ga enak kan ya nolak. Yasudah saya terima saja pemberiannya itu. Oiyaa, saya ingat dulu waktu berhenti di stasiun cirebon prujakan. Berhentinya itu kan lama banget yaa. Nah para penumpangnya itu pada turun semua guys, nggak semua juga sih tapi beberapa. Mereka turun karena mau beli makan siang di warteg. Dan ibu itu nitip ke penumpang seberangnya untuk beliin makanan. Dan ibu itu juga nawarin saya. Yaa cuman saya menolaknya lagi. Duhh, pada baik baik semua yaa. Ini karena muka saya yang melas atau gimana yaa. Hahaha. 

Sesampai di stasiun tegal, penumpang di depan saya ada yang turun, dan digantikan dengan mbak mbak muda yang sudah berkeluarga. Dari segi penampilan sih, yaa begitu lah. Yang saya bilang di awal "wow". Mbak mbak ini juga bercerita tentang pribadi nya dan keluarganya. Saya sangat interest banget denger ceritanya. Yang saya ingat itu, dia sudah menikah dengan laki laki yang ternyata temen nya dulu waktu SD. Pertemuannya itu sangatlah luar biasa banget, pertemuan yang tak terduga. Emang yaa, kalau udah jodoh. Pasti selalu ada aja, baik yang terduga maupun tidak diduga sama sekali sebelumnya. Dia tinggal di tegal dan ibu nya di surabaya. Dia kebetulan lagi pulang mau menemui ibu nya. Sebelum pulang, dia dibawain bekal sama suaminya. Dan yang masak itu suaminya.  Uuuuu. Romantis yaa. Hehehe. Setiap perjalanan, suaminya selalu nelpon katanya kangen gitu. Dan dia kan sudah berhijab ya guys, dan yang menyuruh dia berhijab itu suaminya. Cuman ada suatu kegiatan yang saya ga suka dari manner nya itu. Dia buang sampah sembarangan gitu, emang sih bukan di jalan tapi di dalam kereta, tetapi tetap aja kan namanya nyampah. Kan ga bener aja. 

Itu pengalaman pertama yang saya temukan, ga pertama sih. Ada sebelumnya, namun saya lupa. Selanjutnya itu saya pernah ketemu sama anak UNS yang lagi mau ke solo. Dia itu aktivis muda banget. Sering berkelana kemana mana. Dia juga kebetulan seorang jurnalis juga dan sekaligus bagian humas di univ nya. Sebelum saya pulang, saya tukeran kontak juga sama dia. Itung itung buat nambah relasi lah. Pernah juga waktu saya balik sama raysha. Saya ketemu sama ibu ibu , single parents yang mau ke jakarta nemuin anak nya. Dan hebatnya, anak nya itu udah jadi orang semua. Yang satu lagi kerja di suatu tempat (saya lupa namanya) dan yang satunya lagi, masih sekolah di kepolisian. Kedua anak nya itu selalu ingin ngebahagiain ibunya itu. Tiket nya yang beliin anaknya, dan kehidupannya yang biayain juga anaknya. Oiyaa, ibu nya itu tinggal di daerah meteseh gitu. Punya kontrakan juga. Ibu nya sempet nawarin aku sama raysha ngontrak disitu. Namun karena kami udah ngekos juga jadi kami nolak lagi. Hehe. Dan ibu nya juga nawarin kami, kalau kapan kapan main ke rumah nya gitu.

Oiyaa, guys. Mau tau ga, sebelum perjalanan balik ke bekasi ini. Saya sama raysha pernah ketinggalan kereta guys. Parah banget yaa. Kereta kami itu jam 2.10 dan kami baru berangkat jam set 2. Dan kebetulan juga jalanan nya macet parah (jamanya jatingaleh masih dalam perbaikan itu). Dalam perjalanan, saya berdoa terus dan pas sampai tugu muda saya liat jam dan jam nya udah menunjukkan pukul 2.15. Disitu saya udah mulai pasrah. Dan saya ngehubungi raysha, kalau dia udah sampe, dia naik dulu aja. Tetapi lucu nya, dia bilang bahwa dia tadi ngeliat keretanya jalan. Sungguh saat sampai di stasiun, hati saya hancur banget dan jadi ngerasa linglung gitu. Pucat, stress, panik dan semua nya campur jadi satu. Kami pun memutuskan untuk naik kereta yang ke tegal dulu baru naik lagi yang ke arah jakarta. Sebelumnya ada kejadian lucu lagi, kami pikir keretanya itu berangkat dari tawang dan mbak mbak cs nya juga bilang begitu. Yaudah kan yaa kami kesana. Pas sampe disana, kami leha leha dulu dan memutuskan untuk masuk, pas mau masuk satpamnya bilang, mbak ini berangkat dari poncol, trus beliau bilang mumpung masih setengah jam lagi. Buruan kesana mbak. Dan kami pun, balik lagi ke poncol. Haahh. Yaampun, lucu bangett guyss. Itu kejadian yang benar benar penuh arti dan hikmah banget buat aku

Perjalanan penuh arti yang lainnya itu, waktu saya pulang ke semarang kemarin itu pas liburan tahun baru islam. Saya pulang sendiri naik argo bromo. Saya pikir saya bisa duduk sendiri, ternyata disebelah saya ada orangnya dan itu bapak bapak. Bapaknya itu seorang guru dan habis nengokin anak nya yang udah kerja di Jakarta. Yaa, biasalah yaa. Bapaknya itu nanya saya duluan. Nanya, dari mana asalnya dan mau kemana. Biar ga satu arah aja percakapannya. Yaudah saya tanya balik deh ke bapaknya. Dan mulai lah, percakapan panjang lainnya. Bapaknya itu mulai nyeritain keluarganya, pekerjaan sampai nanya soal pacar coba. Waduh pak. Bahasan ini nih yang sangat sensitif. Hehehe

Bapaknya itu punya anak 3. Dua laki dan satu perempuan. Kedua laki nya itu udah jadi orang semua juga. Kerja di Jakarta dan bekerja di Pemerintahan. Dimana anak buah nya pak Ahok (kalau gasalah inget) dan anak bungsunya itu masih kuliah jurusan arsitek di UI. Saya suka bagian ini, bagian cara kesuksesan anak nya itu. Bapak nya ini bukan berasal dari orang yang berada banget. Dia tinggal dimana gitu, aku lupa. Pokoknya di bagian timur dari semarang. 

Bapaknya dulu bekerja sebagai petani dan tinggal di desa gitu. Anak nya demi menambah uang jajannya itu, semasa kuliah dia jualan. Nawarin kesana kemari. Dari hasil kerja kerasnya itu, mengantarkannya kesuksesan yang ia dapat saat ini. Anaknya itu juga dibilang sangat dermawan dan care each other banget. Dia suka ngebantu temannya dalam masalah keuangan. Dia suka minjemin temennya uang dan tidak ingin diganti uang nya itu. Kedermawanan nya itu tetap ia jalani sampai saat ini. Hal itu lah juga yang mengantarkan nya kesuksesan dan semua pekerjannya itu goes to better. Selain ngejelasin masalah kesuksesan anak nya itu, beliau juga ceritain perihal asmara anaknya. Semasa sekolah dan kuliah. Kedua anaknya itu tidak pernah sama sekali pacaran. Sewaktu kerja, anaknya itu langsung ngelamar yang sekarang jadi istrinya itu. Istrinya sangat baik banget. Emang bener yaa, laki laki yang baik untuk perempuan yang baik. Begitupula sebaliknya. 

Untuk anak bungsu perempuannya itu juga sampai sekarang belum punya pacar. Dan aku hanya tersenyum saat bapaknya bilang begitu. Dan tetiba, he said that do you have a boyfriend?? Degg. Langsung terdiam saya. Bingung juga harus jawab apa, pengen bilang iya, tapi ga punya, bilang enggak. sedih juga yaa. wkwk. Akhirnya saya pun bilang, saya belum punya pacar pak. Lah lucu nya bapaknya bilang, masa belum punya pacar sih. Buruan cari pacar dari sekarang daripada pas udah lulus atau udah kerja. Nanti susah nyarinya. Saya pun jawab, yaiya ya pak tapi mau gimana lagi. Dan koplak nya saya nyeletuk, tapi saya pengen nyari nya dokter ik pak. Bapak nya jawab, wah bagus itu nyari dokter. Ini saya punya keponakan dokter sekarang lagi kuliah di Unisula. Aduhh, sayangnya saya ga punya foto nya lagi. Jadi ga bisa nunjukkin. ( dalam hati, gue mikir. Waduhh trus gmana pak kalau udah nunjukkin foto nya, mau jodohin saya sama dia pak. LOL). Selama perjalanan bapaknya ngomongin dia terus sama saya. Waduhh ini sih beneran kali yaa mau ngejodohin gue sama ponakannya. Oiyaa, sepanjang kita ngobrol, bapaknya itu selalu pake bahasa bilingual (indo-jawa). Sedikit dikit sih ngerti, tapi butuh mikir keras, buat ngeterjemahinnya. Kalau ada kata yang ga saya ngerti, saya hanya senyum dan ketawa aja. Abis bingung mau jawab apa. Mau bilang saya gabisa bahasa jawa, cuman ga enak. Yaudah lah terusin aja. Dan akhirnya bapak nya nanya bisa bahasa jawa apa enggak. Dan saya jawab, dikit dikit saya ngerti pak. Percapakan selanjutnya, bapak nya tidak pake bahasa jawa lagi ngobrolnya. Percapakan kami pun berakhir setelah saya memutuskan untuk tidur dan emang saya ngantuk banget itu..

Yaa itu lah perjalanan yang penuh arti dan penuh cerita. Biasa bertemu dengan orang orang yang memiliki karakter yang berbeda beda. Bisa saling tuker pikiran, sharing pengalaman hidup dan sekaligus bisa menemani selama perjalanan yang cukup panjang dan lama ini.. Cerita ini juga bisa buat saya instropeksi diri juga sih. Hehe. Sama berkat kejadian yang pernah saya dapatkan, saya jadi belajar dari pengalaman. Liat ke belakang itu perlu buat bisa belajar tapi jangan terus liat ke belakang. Karena hidup itu ke depan bukan ke belakang.

Yaa sekian~~

0 Comments