#PeduliLindungi dari Covid 19

Menurut data yang dilansir dari situs yang menginformasikan mengenai Covid 19, data situasi kasus Covid 19 di Indonesia pada tanggal 19 April 2020 yaitu tercatat sebanyak 6575 kasus positif Covid 19, sebanyak 686 yang dinyatakan sembuh dan sebanyak 582 yang meninggal. Penyebaran virus Covid 19 di Indonesia juga semakin meningkat. Dari hari ke hari terjadi peningkatan kasus positif Covid 19 ini. Angka kasus Covid 19 ini bisa semakin terus meningkat apabila tidak dilakukan pemutusan rantai penyebarannya secara masif. 


Memburuknya kasus virus Covid 19 ini, maka Pemerintah mengambil sikap dengan menerapkan Social Distancing. Social Distancing yaitu salah satu tindakan pencegahan dan pengendalian virus corona dengan menganjurkan warganya untuk tidak berkunjung ke tempat yang ramai dengan menjaga jarak setidaknya 1 m saat berinteraksi dengan orang lain. Selain itu ada beberapa penerapan dari Social Distancing yang sampai saat ini masih dilakukan yaitu untuk tetap berada #dirumahaja. Pekerjaan dilakukan di rumah, kegiatan belajar mengajar juga dilakukan di rumah serta kegiatan beribadah juga dihimbau untuk dilakukan di rumah. Tindakan tersebut menurut saya cukup efektif untuk memutuskan rantai penyebaran Covid 19 apabila warga bersikap partisipatif dalam menjalankan himbauan tersebut. 

Sikap lainnya yang diambil oleh Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan meluncurkan aplikasi buatan anak negeri yang digunakan untuk melakukan pelacakan dari penyebaran virus corona. Aplikasi ini akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada jarak dekat dengan orang yang dinyatakan Covid 19 atau PDP (Pasien dalam Pengawasan) dan ODP (Orang dalam Pemantauan). Aplikasi ini juga mungkin dapat membantu para tenaga medis agar bisa tercegah dari terkena paparan virus Covid 19 ini saat melakukan tindakan medis. Aplikasi ini mungkin dibuat sebagai intervensi atas kasus yang telah terjadi di RS. Kariyadi, Senarang yang mengenai sekitar 45 dokter.

Aplikasi ini bernama Peduli Lindungi. Aplikasi ini berfungsu untuk melindungi diri Anda, keluarga Anda dan orang terdekat lainnya serta menghentikan penyebaran Covid 19 dengan membagikan data lokasi saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid 19 dapat dilakukan.  Aplikasi ini sudah dapat Anda diunduh di play store.



https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkom.tracencare. (aplikasi peduli lindungi)


CARA KERJA

Adapun cara kerja dari aplikasi Peduli Lindungi ini yaitu  :

  1. Peduli Lindungi menggunakan data dengan mengaktifkan Bluetooth pada gadget Anda untuk merekam informasi yang dibutuhkan. 
  2. Peduli Lindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid 19 atau PDP dan ODP. Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut lupa akan riwayat perjalanan yang pernah dilakukan dan mengingat pernah kontak dengan siapa saja
  3. Data akan disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain
  4. Anda akan mendapatkan notifikasi pada gadget Anda, apabila sedang berada di zona merah, tetap berada di zona merah selama 30 menit dan berada di keramaian dengan beberapa orang yang mengaktifkan peduli lindungi dan waktu yang cukup lama
  5. Apabila Anda pernah berada dalam jarak tertentu dengan orang yang positif Covid 19 atau PDP dan ODP maka Anda akan dihubungi oleh petugas kesehatan. Hal ini akan membantu petugas kesehatan untuk memberikan tindakan preventif 
Aplikasi Peduli Lindungi ini cukup efektif apabila semua masyarakat turut berpartifipatif untuk mengaktifkan aplikasi ini. Aplikasi ini mungkin cukup dapat menguras baterai Anda, jadi Anda harus mensetting untuk mengaktifkan "Low Upper Mode" 

Oleh karena itu, ayo ajak keluarga Anda, teman-teman dan kerabat Anda untuk menggunakan aplikasi Peduli Lindungi ini.  Dengan berpartisipatif sekecil ini, Anda dapat membantu meringankan para tenaga medis yang sedang berjuang diluar sana sebagai Garda Terdepan



0 Comments