Resep : Soto Ayam khas Banjarmasin

Hujan hujan. Dingin. Paling enak menyantap hidangan yang panas. Pasti yang terlintas di benak kalian, mie rebus? Pake telor, dan suiran cabe rawit diatasnya. Heeemmm. Nyam nyam. 

Eitss, tapi disini saya tidak ingin membahas mie rebus. Hehe. Hidangan yang cocok di musim yang tak menentu ini (kadang hujan dan kadang panas) yaitu soto. Mengkonsumsi soto, pasti kalian pikir hanya cocok disantap untuk sarapan saja, iyaa bukan? Iyaa emang, sebagian cocok sekali disantap pas sarapan, tetapi puasa puasa gini kan, ngga mungkin kan yaa disantap di pagi hari. Hehe

Soto ayam disini itu berbeda dengan soto ayam pada umumnya. Yang menggunakan kari sebagai topping diatasnya. Soto ayam ini lebih khas dari daerah banjarmasin. Kuah soto nya yang lumayan agak bening, dan disantap dengan berbagai aneka gorengan. Soto ayam khas Banjarmasin ini kaya akan rempah-rempah. Jadi, ngga heran ketika kalian akan menyantapnya, aroma rempah-rempahnya terasa banget di hidung kalian. Soto ayam khas Banjarmasin ini juga paling cocok banget disantap saat panas dan ditambah dengan sambal kecap yang sudah dikucuri dengan perasan air jeruk. Sruppp. Nyamm. Nyamm. Gimana penasaran kan bahan dan cara membuatnya. Lets check it out guys :


A. Bahan
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Merica
  • Pala
  • Kapulaga
  • Bunga sisir
  • Cengkeh
  • Bawang bombay
  • Kaldu ayam kampung
  • Wortel
  • Daun seledri

B. Cara Membuat
  1. Uleg semua bahan kecuali kapulaga, bunga sisir dan cengkeh sampai halus
  2. Siapkan mentega di wajan
  3. Tumis semua bahan yang sudah diuleg sampai layu dan harum
  4. Tambahkan air sedikit dan masukan wortel sampai sedikit layu
  5. Siapkan kaldu ayam kampung dan panaskan
  6. Bumbu yang sudah ditumis beserta wortel dimasukin ke wadah yang berisi kaldu ayam kampung
  7. Masukkan kapulaga, cengkeh dan bunga sisir kedalam wadah yang berisi kaldu ayam kampung. Tambahkan garam dan gula sebagai penyedap rasa
  8. Tunggu sampai mendidih dan lalu masukan potongan daun seledri dan bawang goreng
  9. Soto ayam khas Banjarmasin siap disajikan dengan suiran ayam, potongan telur ayam, perkedel dan ketupat yang sudah disajikan di mangkok
Yaa. Itu dia resep soto ayam khas Banjarmasin. Mudah banget bukan? Hidangan ini bisa juga disantap pada saat lebaran nanti, jadi selain masak lontong opor bisa juga masak soto ayam khas Banjarmasin dengan ketupat sebagai menu lebaran nanti.

Selamat mencoba :)

2 Comments

  1. Siang2 baca begian kok jadi laper ya, untung kagak puasa hehhe.
    Aku pecinta soto, tp belum pernah nyobain soto banjarmasin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicobaa kak soto banjarnya. Hehe
      Aroma khas rempah2nya terasa banget, tp pas dimakan enak seger gitu

      Delete