Jobseeker Lyfe

Ketika ditanya, apa rencana mu setelah lulus? Mostly jawabnya mau bisa cepet dapet kerja. Tapi ada juga yang emang udah punya rencana, setelah lulus S1 mau lanjut kuliah lagi S2 ntah di dalam negeri maupun di luar negeri. Ada juga sih yang masih bersantai-santai setelah lulus, katanya mau refreshing otak dulu baru mulai nyari-nyari kerja, dan mungkin ada juga yang setelah lulus pengen langsung nikah. (kalau ini sih kalau udah ada pasangannya langsung gas aja kali ya. Hahahaha). Yaa itu semua back to you guys, its all depend on you. Mau kemana kah pasca kampus kalian. Bicara soal pasca kampus, saya pernah nulis sepatah kata soal wis(uda)h. Baca juga disini : http://www.annisarachmawati-ph.com/2018/12/wisudah.html

Nah buat kalian yang memiliki rencana untuk mencari kerja. Zaman sekarang sudah gampang banget untuk bisa mendapatkan info lowongan pekerjaan, tidak seperti zaman bapak saya mencari pekerjaan. Dahulu orang masih mencari pekerjaan dengan membeli Koran dan mencari satu-satu lowongan pekerjaan di rubrik pencarian pekerjaan. Selain itu, ada juga yang masih mencari info lowongan pekerjaan dengan datang ke kantor-kantor dan menanyakan langsung ke bagian yang bersangkutan. Sekarang dengan didukung kemajuan teknologi menjadi semakin mudah dalam mencari sesuatu. Lewat sosial media yang ada, kalian sudah dapat mendapatkan informasi. Pasti berbagai platform pencarian kerja, sering kalian ikuti. Mulai dari jobstreet, jobs.id, loker.id dan berbagai macam diikuti untuk bisa mencari info lowongan pekerjaan.
Selain melalui kemudahan itu semua, ada cara yang mungkin sangat ditunggu-tunggu oleh para jobseeker. Yaa ini dia, job fair. Banyak banget job fair di berbagai tempat yang diselenggarakan oleh berbagai penyelenggara. Namanya aja udah job fair, pasti banyak banget berbagai macam perusahaan yang memasang stand untuk memperkenalkan perusahaannya dan menawarkan lowongan pekerjaan di perusahaannya. Kata dari beberapa orang, ada kemungkinan besar peluang yang kalian masukan di job fair lebih cepat dipanggilnya daripada melamar secara online dengan mengirimkan lewat email.

For your information aja ya guys, gambar diatas ini bukan gambar orang-orang yang lagi pada mau aksi yaa. Hehe tapi ini gambar para job seeker yang lagi antri buat bisa masuk ke stand-stand perusahaan. Wow,, banyak banget yaa guys. Ngga kebayang betapa banyaknya ribuan orang mencari pekerjaan. Ditambah lagi tiap tahun, terlahir lah ribuan lulusan dari berbagai perguruan tinggi. Dengan banyaknya para pencari kerja ini, seharusnya lapangan pekerjaan yang ada juga harus sebanding yaa. hehe
Okee, back to topic ya guys. Sistematika untuk mengikuti job fair ini juga gampang banget, bisa kalian langsung datang ke tempat nya atau sebelumnya ada juga yang harus mendaftarkan dirinya dulu baru datang ke tempat. Nah, disini saya mau bahas sedikit juga nih apa aja sih yang harus dipersiapkan buat para jobseeker sebelum datang ke job fair dan apa yang perlu dilakukan. Lets check it out guys :
1. Persiapkan berkas yang diperlukan
  Hal pertama yang harus dipersiapkan itu siapkan berkas-berkas yang diperlukan pada saat melamar. Apa aja sih biasanya berkas-berkasnya? Kalau saya pribadi, biasanya bawa CV, Surat Lamaran, FC KTP, Pas Foto 3x4 atau 4x6, sama kalau ada sertifikat yang berhubungan bisa digabung jadi satu. Berkas-berkas yang telah kalian siapkan itu lalu kalian klip jadi satu dan digandakan bisa digandakan 6 lembar atau lebih sesuai keinginan kalian. CV yang kalian bawa, sebaiknya dibuat semenarik mungkin yaa guys. Karena dari beberapa info yang saya dapat, biasanya perekrut melihat-lihat terlebih dahulu dari kemenarikan CV yang kalian buat. Kalau kalian gabisa buat CV biar menarik, sekarang banyak kok di internet menyediakan template yang tinggal kalian edit trus masukin data pribadi kalian.

2. Daftar kehadiran job fair
 

Persiapan yang kedua ini sifatnya opsional ya guys. Karena emang ada beberapa penyelenggara yang tidak mengharuskan para jobseeker untuk mendaftar terlebih dahulu. Ada yang biasanya langsung aja datang ke tempat, lalu nanti dikasih form untuk mengisi data diri kita dan ada yang emang terlebih dahulu mendaftarkan diri secara online



3. Cari tau perusahaan yang hadir
Persiapan yang ketiga ini nih yang paling penting banget sebelum kalian mutusin untuk hadir ke job fair. Kenapa menjadi sangat penting? Karena menurut saya, ini yang akan menentukan worth it atau tidak nya kalian datang ke job fair. Biasanya pada saat kalian mencari info-info job fair, di info tersebut dilampirkan juga perusahaan yang akan hadir. Nah, sebelumnya kalian cari tau dulu apakah perusahaan itu cocok sesuai kualifikasi kalian apa enggak. Dan apakah perusahaan tersebut membuka lamaran sesuai dengan kualifikasi kalian juga apa tidak. Biasanya juga pada setiap info perusahaan yang hadir, dituliskan beberapa perusahaan dan selanjutnya dituliskan lebih banyak lagi perusahaan yang akan hadir. Sesuai dengan pengalaman yang saya alami, biasanya yang hadir itu sesuai dengan yang tertulis, yang lebih banyak nya lagi itu yang biasanya ada beberapa yang ngga hadir dalam job fair. Itu sih menurut pengalaman saya dua kali ke job fair. Jadi, menurut saya cari tau dulu perusahaan apa aja yang akan hadir baru kalian mutusin untuk datang apa tidak. Tapi kalau kalian memang penasaran , datang aja. Toh ga rugi juga, kalian jadi dapat pengalaman juga terutama buat yang baru pertama kali datang ke job fair.
  Selain mencari tau perusahaan yang akan hadir. Kalian juga harus cari tau perusahaan yang hadir itu perusahaan dalam bidang apa. Jangan asal nulis nama aja di daftar hadir tanpa tau itu perusahaan dalam bidang apa. Karena biasanya nama yang kita tulis itu, langsung dihubungi untuk tes selanjutnya.

4. Tulis posisi yang Anda pilih
  Pada saat job fair, biasanya kita bisa langsung melamar dengan cara drop CV dan bisa juga dengan melakukan scan barcode dan apply secara online. Pada saat drop CV, pastikan kalian tidak lupa untuk menuliskan posisi yang kalian lamar. Penulisan posisi tersebut biasanya diletakkan di halaman depan bagian atas. Sebelum kalian menulisnya, tanyakan dahulu kepada mbak/mas disana apakah perlu menulis posisi atau tidak. Tujuan penulisan posisi tersebut yaitu agar perekrut mudah untuk memprosesnya.

5. Siapkan fisik dan mental
Jangan lupa sebelum makan isi perut kalian juga. Dan jangan lupa bawa air mineral juga. Karena sudah pasti akan panjang banget antrian dan pasti penuh banget para jobseeker. Selain itu, mental juga diperlukan karena beberapa perekrut biasanya langsung melakukan walk in interview di tempat. Pastikan kalian sudah siap jika harus dilakukan interview saat itu juga.

6. Jangan lupa segera Apply
Nah ini dia inti dari tujuan kita datang ke job fair. Yupp that's right. Jangan lupa ya guys langsung apply. Disini kamu bisa langsung mengirimkan berkas-berkas yabg diperlukan ke HRD melalui email atau bisa juga mengisi form online dahulu dari scan barcode yang kalian lakukan itu. Pastikan kalian melamar sesuai kualifikasi yang dibutuhkan dengan sesuai dengan potensi diri. Disini kalian bisa memaparkan segala potensi yang ada pada diri kalian

Yaa.. Itu dia beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dilakukan saat pergi ke job fair. Beberapa point itu juga berdasarkan dari pengalaman yang saya alami pertama kali saat pergi ke job fair. Atau mungkin ada beberapa hal lagi yang perlu dilakukan bisa comment dibawah ini yaa..


2 Comments