Jangan buang masa muda mu dan sambut surga mu

Pemuda atau pemudi bangsa itu harus nya menjadi generasi muda penerus bangsa yang berbau harum. Yaa kata kata itu lah yang sering banget saya denger. Ada juga kata yang sering saya denger itu, "manfaatkan masa muda mu sebelum menyesal di hari tua mu nanti". Mendengar kata kata itu, siapa sih yang ga langsung tersentuh banget. Pasti ada di sebagian hati kalian yang langsung tersentuh dan merasa, "ah iyaa juga yaa, udah umur segini gue belum bisa berbuat yang mengharumkan nama gue atau nama instansi gue atau membanggakan kedua orang tua gue" atau ada juga yang merasa, "duh udah 20 tahun disini kok hidup gue monoton banget sih. Kemana aja dulu gue, udah umur segini bisa buat apa gue". Yaah kata kata itu lah yang (mungkin) seketika langsung kalian lontarkan.

Dari kata kata tersebut, lalu selanjutnya apa yang akan kalian lakukan? Cukup termenung aja trus besok besok nya tetep aja hidup lo seperti itu atau lo termenung untuk bermuhasabah diri dan langsung merubah hidup lo. Nah loh, yang mana kah kalian? (Kalau gue masih seperti statement awal 😢😢)

Nah sekarang bukan saatnya lo menyesal trus ngurung diri dan ga ngelakuin apa apa. Mumpung masih ada waktu, manfaatkan lah masa muda lo. Dan masa muda lo itu harus dimanfaatkan yaa, bukan dihabiskan dengan sia sia. Dan dimanfaatkan ini juga tentunya dalam hal yang positif. Telebih jaman sekarang atau kids jaman now ini itu. Lebih sering (yang terlihat) menghabiskan masa muda nya dengan hal hal yang ga penting, seperti sering hang out, gosip gosip, galau galau dan sering stalking mantan, gebetan, olshop, sibuk mempercantik diri dan hal lainnya. Sebenernya ada perlu nya juga kita melakukan hal itu, tapi pasti ada batas nya juga. 

Lalu pertanyaan nya lagi, gimana sih cara manfaatin masa muda gue biar lebih berfaedah? Sebebernya ada banyak cara sih yang bisa lo lakuin. Such as, lo bisa ikut berbagai kajian, lo ikut kegiatan kegiatan sosial, atau bahkan lo bisa ikut berbagai macam lomba. Hal simpel nya itu kayak lo ikut semacam kerja bakti, ikut bantu bantu ngasih bimbingan atau bantu ngajar TPQ dan bisa juga bikin sesuatu yang bisa membuahkan hasil. Dan hal sederhana lain yang bisa lo lakuin itu seperti sibukkan diri kalian dengan belajar. Belajar itu menurut gue, ga bakal sia sia kok. Karna dengan banyak belajar, lo bakal banyak tau. Wawasan kalian akan semakin menambah dan bahkan lebih mendalam lagi. Yang kedua terus dekati Allah dengan ibadah mu. Dengan kalian dekat dengan Allah maka semua kegiatan mu insya Allah akan semakin dipermudah. Dan dekat dengan Allah, membuat kalian tidak gampang galau atau akhirnya merenung ga jelas. Ya kan, daripada galau galau ga jelas, ga bisa move on dan terus kepikiran si dia, si dosen, si bos dll nya mending kita perbanyak ibadah seperti ngaji, perbanyak hafalan, sholat sunnah, dan sholawatan. Yang ketiga dan keempat ini yaitu banyak dzikir dan banyak baca kisah kisah nabi. Dengan banyak baca kisah kisah nabi ini bisa menjadi instropeksi diri kalian bahwa sungguh besar sekali perjuangan perjuangan beliau. 

Dan ingat lah bahwa usia adalah nikmat dan umur adalah karunia. Jangan lah kalian menjadi orang orang yang rugi. Karna orang orang yang rugi itu orang orang yang tidak bisa memanfaatkan masa muda nya. Serta buatlah tiap detik mu itu bermakna dan tiap nafasmu itu berarti. 


Dan wahai pemuda, ayo sambutlah surga mu. Loh apa hubungannya dengan ini? Selain kalian sibuk dengan berbagai kegiatan kalian yang positif .Tentu kalian jangan lupa kan hal satu ini, yaitu kesombongan. Ketika kalian sudah berhasil menyibukkan diri dengan berbagai macam lomba ini itu, berbagai kegiatan sosial, berbagai pelatihan dan hal lainnya. Jangan pernah sedikit pun kalian menyombongkan diri dengan hal yang telah kalian raih itu. Karna ibarat, "Dunia itu seperti air hujan yang turun, kemudian masuk ke dalam tanah dan tumbuh menjadi warna warna yang pada akhirnya kelak akan dihempas oleh angin". 

Karena semua keberhasilan kalian itu seperti harta, tahta dan kekuasaan hanyalah perhiasan dunia yang akan luntur. Perhiasan dunia yang kalian miliki saat ini itu hanyalah bersifat sementara dan tidak akan terus kalian bawa sampai hari akhir nanti. Dan yang bersifat kekal itu ialah iman dan amalan soleh kalian. Amalan soleh itu yang selalu melekat dalam diri kalian dan yang nantinya akan mengantarkan kalian ke surgaNya. 

Lalu apakah mungkin kita bisa masuk ke surgaNya, jika di hati kita masih ada penyakit hati yang melekat. "Dan Allah tidak mengizinkan hambaNya masuk ke surga sebelum penyakit hati nya sudah bersih. Penyakit hati tersebut bisa hilang dengan cara memohon ampun kepadaNya, dan salah satu pintu utama nya yaitu dengan mengucap istigfar". Yaa perbanyak lah istigfar jika kalian sudah melakukan hal hal yang tidak baik.

Dan lalu setelah itu amalan apa yang bisa dilakukan agar bisa masuk ke surgaNya. Di dalam surat Ali 'Imran ayat 133,134 dan 135. Amalan tersebut yaitu :
1. Bersedekah. Bersedekahlah kalian baik dalam keadaan lapang maupun sempit.
2. Orang orang yang bisa menahan amarah. Allah telah menyimpan pahala atau sesuatu bagi mereka yang mau bersabar.
3. Orang orang yang mereka mau memaafkan sesama manusia. Coba maafkan, coba cairkan masalah dan coba jangan di ungkit ungkit lagi. Maka akan mendapatkan ampunan dari Allah.
4. Mengingat Allah. 

Amalan lainnya didalam Surat Ar-Ra'd yaitu : 
1. Menepati janji
2. Suka menyambung tali silaturahim
3. Takut kepada Allah
4. Takut dan khawatir akan jahanam
5. Orang orang yang sadar 
6. Ikhlas
7. Sholat
8. Mereka yang berinfaq di jalan Allah dalam keadaan sembunyi dan terang terangan
9. Mereka yang membalas kejahatan seseorang dengan kebaikan

Serta Amalan lainnya dalam Surat Al-Mu'minun yaitu : 
1. Orang orang yg khusyu' dalam sholatnya
2. Mereka yang jauh dari perkara yang salah
3. Suka membayar zakat
4. Yang menjaga kemaluannya
5. Orang orang yang menjaga amanah
6. Orang orang yang menjaga sholat 5 waktu.

Dan amalan amalan tersebut lah yang apabila diamalkan, maka mereka akan mendapatkan balasan yang terbaik dan warisan. Warisan tersebut itulah Surga 

0 Comments