Magang Lyfe



Belajar itu tidak hanya dilakukan di dalam kelas aja kan ya?? Bener ga tuh?? Yaap, tentu sangat benar sekali. Belajar di dalam kelas itu, hanya mampu menyerap secara teori nya saja, namun untuk pengaplikasiannya masih dirasa sangat sedikit. Nah, oleh sebab itu lah perlu diadakan magang atau PKL atau KP atau apa lah yang kalian tau. Intinya magang itu, mempraktikan teori yang telah kita dapat di lingkungan kerja, tempat kami nantinya melakukan magang. Mungkin sudah pada tau juga kali ya seputar magang magang gitu atau masih ngebayang. Oke oke. Disini saya juga ga hanya ngebahas definisi magang terus sampai habis atau sampai berlembar lembar kok. Hehe. Saya cuman mau sharing sharing aja mengenai minggu pertama saya magang.

(FYI) saya magang di rumah sakit marzoeki mahdi, bogor. Pengen sedikit cerita aja sih, alasan saya milih rumah sakit sebagai tujuan saya magang. Sebetulnya dalam hati pengen banget ke perusahaan perusahaan gitu, apalagi perusahaan minyak atau tambang. Cuman setelah dipikir pikir, magang itu kan sama aja kayak kita belajar ya. Nah, kalau saya di perusahaan ilmu saya yang berhubungan dengan kesling (kesehatan lingkungan) sedikit didapatkan. Karena kebanyakan perusahaan itu departemen lingkungannya digabung dengan departemen k3 atau yang biasa disebut dengan HSE (Health Safety Environment). Jadi, menurut saya kayak kurang ngena aja, dan nanti lebih ke safety nya. Walaupun ada tentang lingkungannya like proper, dan limbah. (Btw, itu yang saya tahu ya. Hehe). Tapi gatau kalau buat saya untuk perusahaan, (maybe) bisa dicoba untuk magang di waktu yang senggang aja. (Tapi gatau kapan. Hahaha). Selain di perusahaan, saya juga pengen banget magang di KKP.  Karena gatau kenapa, kayaknya keren banget, apalagi seragamnya. Keren euy. Tapi karena ada satu hal saja, keinginan saya jadi terurungkan deh. Dan you know, alasannya itu adalah tikus. Tikus guys. Cuman seekor tikus aja, jadi gajadi. Edododoe nisa nisa. Iya iyaa. Gue takut banget banget banget dengan yang namanya tikus, kecoa dan sejenisnya lah. Kalau ada tikus lewat, udah dah, gue langsung naik kursi dan teriak manggil mama. (Sungguh memalukan) dan parahnya lagi kalau ada kecoa di kamar mandi, gue langsung ambil senjata ampuh gue. (Read : baygon). Sampe bener bener itu kecoa mati. Hahaha. Cupu amat yaa gue.

Ealahh. Kok jadi cerita begini. Okee gue lanjutin lagi yaa

Yaaa, karena alasan itu lah. Saya gajadi di KKP. Dan akhirnya saya milih ke rumah sakit. Karena emang, ilmu kesling di rumah sakit itu lebih banyak. Karena kita belajar banyak hal. Mulai dari pengolahan air limbah, air bersih, sterilisasi ruangan, sterilisasi instrumen dan linen, hygiene sanitasi makanan minuman, pengolahan di dapur, lab dan laundry, pengendalian vektor, dan pengelolaan sampah medis. Banyak banget kan yaa guys. Itu lah yang menjadi alasan saya juga untuk memilih rs. Selain karena ilmu yang didapat banyak, lokasi lah yang menjadi alasan kedua saya. Saya pengen di deket rumah. Yaa meskipun ini ujung ujung nya gue harus ngekos juga sih.. Tapi seenggaknya weekend gue bisa balik.

Bicara soal ngekos, ada cerita yang menarik dan agak sedikit horor yaa. Yaa pokok nya sedikit menantang lah.

Baca!! Cerita menarik saya selama ngekos disini yaaaaaaaa http://annisarachmawati-ph.blogspot.co.id/2017/08/tengah-malam-ku-seperti-ada-yang.html

Disini saya masuk di bagian IPAL. Bertemu dengan orang orang yang asik asik dan lucu. Terlebih lagi ketemu sama bunda. Aseli lucu banget dah kalau udah ngoborol atau dengerin cerita nya bunda.

Baca Juga!! Bertemu dengan orang orang luar biasa disini.. http://annisarachmawati-ph.blogspot.co.id/2017/10/pertemuan-yang-mengesankan.html

Sebelum saya mulai magang, saya udah survei duluan sama orang tua dan bude saya. First impression saya saat liat kondisinya, like nano nano banget. Bingung harus berkata apa. Yaa, pokoknya beda banget lah sama yang saya liat di tempat tempat pengolahan limbah di rumah sakit. Kecil berupa bak bak gitu, bukan kolam seperti yang saya liat. Namun, gimana lagi yaa. Udah h-berapa minggu lagi mulai magang. Masa harus apply lagi, kan ga mungkin. Ya sudahlah, bismillah jalani aja magangnya. Setelah di jalani, ternyata what i was imagined before, nothing thats all true. Emang tempat pengolahannya bukan kolam kolam gitu. Ternyata, itu alat yang jauh lebih canggih, terlebih sangat sederhana.

Saya magang disana selama 6 minggu. Dari senin-jumat. Fortunately nya, cuman dari jam set 8-jam 2. Kami berdua dapet tugas harian dari pembimbing kami. Tugas nya itu harus ngukur pH, suhu dan SV-30. Bak disana sebenernya ada 3 cuman yang aktif baru 2. Jadi 1 bak 1 orang.  Dan kalau ngambil sampel buat ngukur pH dan suhu sih gampang karena diambil di outlet nya pake botol plastik. Tapi untuk ngambil sampel SV-30 nya itu harus manjat manjat pake tangga. Dan tangga nya itu udah lansia. Wkwk. Udah mulai rapuh maksudnya. Tapi alhamdulillah, we safe guys. Selain ngerjain tugas harian, kami juga melakukan observasi di beberapa unit kesling disana. Observasi yang kami lakukan itu yaitu melihat tempat sterilisasi sentral. Sterilisasi sentral ini yaitu melakukan proses penyetrilan alat alat kesehatan yang telah digunakan. Kami juga ke tempat binatu. Melihat proses pencucian linen. Ke tiap bangsal bangsal untuk melakukan pemasangan trap. Dan di bangsal ini sangat menegangkan sekali guyss. Karena langsung banget ketemu dan berhadapan langsung dengan para komplotan. Terlebih sempet panik dan deg deg an banget saat mereka mendekati kami. Termasuk sayaa. Karena diceritain dari bapak serunting kalau temennya itu pernah dicekik leher nya sama komplotan waktu masuk ke bangsal yang masih anget komplotannya. Jadi tambah panik kan yaa.

Kami juga sempet keliling keliling RS, buat liat bak kontrol sama ngasih buku pengangkutan limbah medis. (FYI) aja nih guyss. RS disana itu luas seluas luasnyaa. Luass bangett. Pegel euy kaki ini efek keliling RS. Mungkin kalau diibaratkan stadion undip itu berasa 15 kali putaran mungkin yaa. Emang jauh banget.. Tapi lumayan lah, disana gue olahraga mulu. Dan seneng berkat itu BB gue turun 2kg guyss. Oiyaa, kami juga ikut petugas disana ngambil sampah. Dan kami rela pagi pagi buta. Ga pagi pagi banget sih. Jam set 6 kami ke RS untuk keliling ruangan buat liat pengangkutan sampah medisnya. Selain diangkut, petugas juga melakukan pemisahan sampah medis; plabot, jarum suntik dan infeksius. Untuk sampah plabot nya, di sobek untuk ngebuang air bekas cairan infusannya. Setelah itu disimpan di plastik kuning dan ditempat kan di ruang penyimpanan limbah B3. Kami juga sempet kedatangan tamu dari Dinkes untuk melakukan monitoring lingkungan. Kami mendampingi mereka untuk melakukan pemeriksaan. Dan emang sejatinya, kalau udah kerja anak kesling itu tidak selalu berhubungan dengan teknis nya. Tapi lebih ke monitoring, dan pemberian masukan inovasi.

Kami juga dapet tugas harian lagi yaitu ngambil sampel makanan tiap hari. Sampel makanan itu kami ambil dan selanjutnya disimpan di dalam kulkas selama 2x24 jam. Tujuan disimpan itu untuk mengcrosscheck kembali apabila terjadi kasus disana.

Oiyaa. Menurut saya RS disana itu bagus banget di bidang kejiwaannya karena orang komplotan disana melakukan berbagai kegiatan yang tujuannya itu agar mereka bisa berinteraksi dan ga merasa tertekan gitu. Kegiatan yang mereka lakukan itu jadi ada beberapa kelas. Kelas nya itu ada kelas membuat telor asin, kelas merajut, kelas literasi, kelas bakat dan juga ada penanaman tanaman hidroponik. Saya pernah nyobain telor asin nyaa dan rasanya enak bangett.. Gaa nyangka euy.




Ada pengalaman lucu nih guys, waktu kami ikut keliling bapak bapak serunting melakukan pengendalian vektor. Saat kami mau balik ke ruangan kami bertemu sama para komplotan yang abis dari jalan pagi gitu. Nah kebetulan bapak serunting nya ngeliat petugas IPAL lagi melakukan maintenance bak kontrol nya. Dan gue sama li karena takut dan bingung mau ngapain. Alhasil ikut ngeliatin juga dan koplak nya lagi para komplotannya juga ikutan ngeliatin laah kocak masa. Wkwk. Gue juga sempet nahan napas saat berhadapan dengan komplotan. Karena dia ngedeketin gue dan gue takut banget. Jadi gue mematung dan nahan napas. Wkwk.. Cupuu banget dah. Selain itu juga pernah, saat ikut mbak tyas ngasih buku ke tiap bangsal. Kami kan ga ikut masuk ke ruangan tapi kami duduk di luar. Pas kami duduk, ada komplotan yang lagi jalan. Trus manggil kami dan bilang, "kapan masuknya?". Laahh buu, kami masih sehat kok bu. Wkwk

Yaahh itu lah guys, sedikit cerita pengalaman magang kami. Capek, bosen tapi seru bangettt... Gaa nyangka bisa dapet pengalaman semenarik ini..



0 Comments