Bubur Biskuit Alpukat : MP-ASI untuk si buah hati

ASI saja ternyata tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan energi, protein, zat besi, vitamin D, seng, dan vitamin A untuk sang buah hati yang telah menginjak usia 6 bulan loh bun, sehingga diperlukan juga Makanan Pendamping ASI yang dapat melengkapi kebutuhan zat mikro dan zat makro tersebut.

Hai bun ^^ menanti datang nya sang buah hati itu merupakan suatu hal yang paling ditunggu-tunggu banget bagi  bunda maupun ayah. Penantian sang buah hati ini, biasanya mereka sambut dengan mempersiapkan segala macam kebutuhan, mulai dari perlengkapan stroller baby, baju, kamar si baby maupun nama untuk sang buah hati. Apalagi yang dinanti-nanti itu anak pertama,  semua hal dipersiapkan dengan rapi dan jauh-jauh hari, seperti ngga sabar dalam menanti sang buah hati. Ngga hanya itu saja bun yang harus dipersiapkan, tapi fisik dan gizi bundanya juga harus diperhatikan. Karena itu nantinya juga akan berpengaruh pada proses kelahiran nanti, ntah itu berjalan secara normal maupun operasi caessar.

ASI Eksklusif
Tidak hanya berpengaruh pada proses kelahirannya aja bun, tetapi juga pada saat bayi kita lahir. Ketika bayi yang kita nanti-nanti kan ini telah lahir, maka langsung diberikan ASI pertama yang disebut dengan kolostrum dan selanjutnya diberikan ASI secara eksklusif selama 6 bulan. ASI adalah makanan yang ideal untuk bayi sehingga pemberian ASI dianjurkan secara eksklusif selama masih mencukupi kebutuhan bayi. Tau ngga sih bun, ada banyak manfaat dari ASI itu sendiri untuk si bayi, yang pertama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, yang kedua untuk membantu otak anak berkembang dengan sempurna dan yang ketiga dapat memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi si bayi.

https://www.generasimaju.co.id/resep-mpasi-ala-sgm-bubur-biskuit-alpukat

Namun hal tersebut bisa saja terkendala dengan produksi ASI pada ibu yang kurang, berikut ini terdapat langkah-langkah yang dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu sehingga pemberian ASI dapat dilakukan secara eksklusif. Langkah pertama yaitu dengan inisiasi menyusui dini, langkah kedua yaitu posisi dan perlekatan yang benar, serta bayi mengisap secara efektif (mengisap kuat, perlahan, dalam, diserta jeda diantara beberapa isapan) dan yang ketiga yaitu menilai kecukupan ASI dengan melihat frekuensi buang air kecil 6-8 kali sehari, durasi menyusui 10-30 menit untuk satu payudara dan kenaikan berat badan yang adekuat. Frekuensi pemberian ASI ini lebih tepat ditentukan berdasarkan tanda lapar (on cue) daripada on demand ya bun, sehingga bunda harus tau tanda lapar si bayi, seperti bayi membuka mulut, mencari puting susu dan memasukan tangannya ke mulut.

Makanan Pendamping ASI (MP-ASI)
Pemberian ASI secara eksklusif harus dilakukan selama 6 bulan tanpa diberikan makanan tambahan apapun. Pemberian makanan tambahan selain ASI baru bisa diberikan setelah bayi menginjak usia 6 bulan ke atas. Pemberian makanan pendamping ASI ini guna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si bayi, karena ASI saja sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Disamping pemberian MP-ASI, bunda juga masih bisa memberikan ASI pada bayi sampai usia 24 bulan. Pemberian MP-ASI ini harus sesuai dengan strategi MP-ASI itu sendiri yaitu tepat waktu, aman dan higienis, adekuat dan diberikan secara responsif.


Tepat Waktu
Pemberian MP-ASI pada bayi harus tepat waktu, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat. Efek pemberian yang terlalu cepat yaitu motorik bayi belum siap, sistem pencernaan bayi belum siap dan dapat menjadi faktor risiko alergi, eksim dan obesitas. Selain itu, efek pemberian yang terlalu lambat yaitu gangguan pertumbuhan dan bayi menjadi pick eater karena tidak dibiasakan dengan MP-ASI. Namun pemberiam MP-ASI ini juga harus diliat dari kondisi si bayi nya seperti bayi dapat berdiri jika dibantu, mampu menegakkan kepala dan leher, bergerak condok ke depan dan membuka mulut apabila tertarik dengan makanan serta menunjukkan kemampuan motorik yang baik seperti menggengam dan memasukkan makanan atau mainan ke dalam mulut. Adapun manfaat pemberian MP-ASI pada bayi ini yaitu untuk melatih kemampuan otot oromotor (otot-otot di mulut) dan kemampuan motorik si bayi.
Aman dan Higienis
Proses persiapan dan pembuatan MP-ASI harus menggunakan cara, alat dan bahan yang aman dan higienis.
Adekuat
MP-ASI yang diberikan harus memenuhi kebutuhan energi, protein dan mikronutrien anak
Diberikan secara responsif
MP-ASI diberikan secara konsisten sesuai dengan sinyal lapar atau kenyang dari si anak.

Banyaknya energi tambahan yang diperlukan dari MP-ASI yaitu sebanyak 200 kilo kalori per hari. Pemberian MP-ASI pada bayi dilihat dari frekuensi, jumlah dan teksturnya harus disesuaikan juga dengan usia bayi.


Resep MP-ASI ala SGM
Nah gimana bun, udah tau kan ya manfaat, dan cara pemberian MP-ASI pada bayi. Sudah kepikiran belum bun, apa yang harus dibuat untuk memberikan makanan pendamping buat si bayi. Ngga udah bingung lagi bun, kini SGM Generasi Maju memiliki resep MP-ASI ala SGM. Dan bunda kini juga ngga usah bingung lagi saat menyedikan menu MP-ASi untuk si bayi karena banyak sekali variasi buah dan sayuran yang daoat bunda kreasikan untuk menjadi MP-ASI yang lezat untuk si bayi. Buah yang dapat bunda kreasikan menjadi makanan pendamping ASI yang lezat untuk si bayi yaitu buah alpukat. Ngga usah khawatir bun, buah alpukat ini aman atau tidak buat si bayi. Buah alpukat ini memiliki banyak manfaat buat tubuh dan sangat ideal sebagai bahan utama MP-ASI bayi. Selain itu tekstur dari buah alpukat ini yang lunak sehingga sangat cocok untuk bayi yang berusia 6 bulan.

Buah alpukat memiliki lemak sehat dan alami yang mengandung nutrisi vital dalam masa pertumbuhan otak anak, kaya akan anti oksidan anti inflamasi dan anti mikroba. Buah alpukat juga cocok untuk pertumbuhan bayi karena sarat lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan selama usia 1-2 tahun.

SGM Generasi Maju memiliki kreasi resep dari buah alpukat sebagai bahan utama MP-ASI bayi. Kreasi yang diberikan yaitu resep Bubur Biskuit Alpukat ala SGM. Nah, berikut akan saya berikan resep Bubur Biskuit Alpukat ala SGM.

- Waktu persiapan : 8-10 menit
-  Untuk 1 porsi
-  Cocok untuk bayi usia 6-9 bulan
Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 2 keping biskuit bayi
  • 75 gram daging alpukat, dikupas sudah bersih
  • 3-5 sdm ASI. 

Cara membuat :

  1. Lumatkan biskuit bayi dengan ASI hingga mencapai konsistensi bubur
  2. Masukkan potongan daging alpukat sedikit demi sedikit sambil dilumatkan sampai lembuh
  3. Dan sajikan
Tips lainnya :
  • Bunda bisa menggantikan biskuit bayi dengan tumisan salmon yang empuk. Kandungan lemak salmon dan alpukat mudah dicerna
  • Resep MP-ASI ini cocok disajikan sebagai menu sarapan
  • Usahakan untuk tidak mencampurkan beberapa buah sekaligus, misalnya pisang dan alpukat. Ini penting supaya bunda bisa mengetahui buah apa yang kurang cocok atau memiliki efek alergi bagi buah hati 
Gimana bun, mudah banget bukan resep MP-ASI ala SGM yang bisa bunda berikan buat sang buah hati. Kalau gitu, langsung coba aja deh resep MP-ASI Bubur Biskuit Alpukat ala SGM yang dapat dijadikan sebagai menu sarapan si kecil. Dan jangan lupa perhatikan ke higienisan pada saat membuat menu MP-ASI untuk si kecil ya bun.

Mudah-mudahan si kecil lahap sampai suapan terakhir ya bun. Selamat mencoba bun :)



0 Comments