Review Buku : #BERHENTIDIKAMU

Kali ini saya ingin mereview sebuah buku yang lagi booming di kalangan remaja dan yang sebentar lagi akan di filmkan dalam layar lebar. Pastinya para pengguna twitter sudah tahu banget buku yang dimaksud dan pengarang buku tersebut. Yaa.. Ini dia buku yang berjudul #BERHENTIDIKAMU. Sebuah buku yang menceritakan perjalanan cinta dan karirnya seorang dokter muda yang bernama dr. Gia Pratama. Melalui cuitannya di twitter beberapa pekan lalu yang menjadi viral ini membuahkan satu buku yang sangat fenomenal. 

How i found my wife... Jodoh itu bener  Allah yang menentukan bukan murni hasil keegoisan keinginan kita. You can do anything as hard as you can do, tapi pada akhirnya Allah tau yang terbaik untuk kita

dr. Gia Pratama yang akrab dipanggil dr. Gia, melalui buku ini menceritakan perjalanan cintanya yang ngga begitu mulus tetapi berakhir bahagia. Berawal dari kemantapan dirinya untuk dapat mengemban tanggungjawab lebih bukan hanya kepada dirinya tetapi  juga kepada seseorang yang kelak akan menjadi istrinya. Pertemuan yang tak terduga saat menjalankan ibadah umroh ini tidak sejalan dengan yang diinginkannya. Selama perjalanan umroh, ia selalu berdoa untuk meminta jodoh. Ingin dirinya menyebut namanya (wanita yang ditemuinya di dalam pesawat) dalam doa, tapi ia tak ingin mendahului ketetapan Allah.

Wanita mana yang dikehendaki-Nya menjadi pendamping saya kelak adalah yang terbaik menurut-Nya. Apakah itu Elsa atau bukan? Masih Misteri
Hal. 42

Kepulangan dari ibadah umroh, ia akhirnya putuskan untuk menjalin hubungan asmara dengan seorang wanita cantik nan kaya raya yang bernama Elsa. Wanita cantik yang ditemui di dalam pesawat ini sangat berbeda kehidupannya dengan dr. Gia, meskipun banyak juga kesamaannya. Seperti sesama penyuka klub bola, penikmat film game of thrones dan lain-lainnya. 

Kisah cinta yang ia rajut dengan Elsa ini, tak apik membuatnya menjadi pribadi yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Like trying to be someone else. Ia ingin selalu tampil terbaik di depan Elsa dan selalu memikirkan sesuatu dengan detail setiap akan berjumpa dengannya. Seperti tak ingin ada cacat sedikitpun. Namun cintanya kepada Elsa hanyalah lust semata bukan karena love. 

Kedekatan dengan keluarganya dan kedekatan Elsa dengan keluarga Gia, membuatnya ingin menikahinya. Ia dibesarkan dalam keluarga yang konservatif.

Kedua orangtua nya selalu mengatakan jika ia menyukai seseorang wanita, itu harus ditujukan untuk menikah bukan pacaran. Dan itu lah tujuan ia umroh, meminta Allah mengirimkan calon istri yang siap dipinang.
Hal. 52-53

Kebetulan ayah dr. Gia adalah seorang pilot. Ayahnya selalu mendapat jatah liburan ke luar negeri setiap tahunnya. Jatah liburannya, ia putuskan untuk mengajak keluarga Elsa berlibur bersama di Eropa. Dan lalu melamarnya disana tepat di hari lahir dr. Gia. Persiapan sebelum hari H tiba, telah ia siapkan matang-matang mulai dari pakaian yang akan ia kenakan agar terlihat keren di hadapan Elsa hingga jadwal kerja yang padat. Kesibukannya itu membuat ia tak sempet untuk mengabari Elsa. Hingga akhirnya sikap dingin yang ditunjukkan Elsa kepadanya di Eropa membuat cintanya berakhir. Perjalanan di Eropa yang ia bayangkan sebelumnya akan berbuah manis kini menjadi sepet. Swiss yang indah berubah menjadi kelam, ketika Elsa memutuskan hubungannya dan berkata, "Kayaknya kita temenan aja deh..." Membuat jantungnya seperti berhenti beberapa detik, dan napasnya tercekat. Rasanya seperti terkena lima buah tombak yang menusuk sekaligus. Keputusannya mengakhiri hubungannya karena ingin memilih kembali pada cintanya yang lalu dan karena I just don't love you anymore

Ia hanya bisa termenung berdiri kaku di puncak gunung es. Seperti akan membeku. Hingga akhirnya ia kumpulkan kembali serpihan diri, lalu berdiri dan menarik napas dalam-dalam untuk kembali menuju hotel. Sebuah perpisahan itu pastinya sangat menyakitkan, namun justru malah menciptakan pertemuan yang akhirnya berujung pada kebahagiaan. Pertemuan karena Bisul. Yaa bisul. Bisul membuat dirinya bertemu dengan wanita cantik yang kini telah menjadi kekasih halalnya. Sekembalinya di hotel, ia bertemu dengan seorang bapak-bapak yang sedang menahan rasa sakit akibat bisul yang dideritanya. Berkat kelembutan hatinya, ia membantu bapak itu menyembuhkan bisulnya. Selesai menyembuhkannya, dr. Gia memperkenalkannya kepada ayah dan ibunya. Disaat perkenalan tersebut, bapak tersebut memberikan nomor ponakannya kepada orangtua dr. Gia.

Liburan ke Eropa bersama keluarganya diperpanjang tanpa keluarga Elsa. Disana ia ingin menjernihkan otak dan pikirannya. Hingga suatu ketika ia bertemu dengan orang asing yang tak dikenalnya. Dan tak disangka ia memberikan nasihat yang sangat mendalam, dan membuat dirinya bangkit kembali

You must have dignity! Have a goal, know what you want and show commitment! Siapa pun istri kamu nanti, pasti akan setia sama kamu.
Hal. 207

Kembalinya di Indonesia, ia menjalani rutinitas sehari-harinya yaitu menjadi dokter di IGD. Pertemuan dengan seorang bapak yang bisulan itu membuat dr. Gia menemukan seorang wanita cantik berkerudung dan berkacamata. Wanita itu bernama Syafira. Wanita yang tinggal di Surabaya ini membuat dr. Gia bertanya-tanya, "gimana caranya kita tau kalau dia itu jodoh kita" dan jawaban yang ia dapat hanyalah "You Just Know". Dari pertemuannya di Surabaya, ia akhirnya mengerti arti maksud tersebut dan ia juga mengerti akan bedanya lust dan love. Bersama Fira, ia merasakan kenyamaan dan ada perasaan aman, serta menjadi diri yang lebih kalem, tenang dan tentunya lebih bisa melihat sesuatu dengan lingkup yang lebih besar. Meskipun banyak perbedaan terhadap dirinya, tapi itulah yang membuatnya untuk bisa saling melengkapi.

Tak terbayangkan sama sekali oleh saya dengan perbedaan seperti itu, saya malah yakin dialah jodoh saya. Ternyata benar ya, jodoh itu bukan berarti memiliki banyak kesamaan, tapi saling melengkapi.
Hal. 240

Tak disangka-sangka, ternyata wanita yang dinikahinya itu sudah mengenal keluarga dari dr. Gia terutama adiknya. 

Yaa benar kata orang, mungkin jodoh kita itu sebetulnya dekat. Bahkan yang merasa baru pertama bertemu, bisa jadi sebelumnya pernah berpapasan atau mungkin pernah satu sekolah tapi tidak saling mengenal.
 Hal. 241-242

Tepat di hari ulang tahun Fira, dr. Gia melamarnya dan beberapa bulan kemudian ia dan Fira akhirnya menikah.

Yaa itu dia beberapa cuplikan isi dari buku #BERHENTIDIKAMU. Buku yang memiliki 277 halaman ini, disajikan dalam gaya tulisan yang ringan, sehingga mudah sekali dipahami oleh siapa pun yang membacanya. Buku ini juga cocok sekali bagi kalangan remaja yang suka genre romantis terlebih yang galau-galau.

Disamping menceritakan perjalanan cintanya, di dalam buku ini juga menceritakan mengenai pengalamannya menjadi dokter di IGD. Begitu luar biasa dan berbaktinya ia menjadi dokter, yang selalu tersenyum dan siap membantu dalam melayani pasiennya. Dijelaskan juga , di bagian halaman awalnya mengenai apa aja hal yang dilakukan saat menjalankan ibadah umroh.

Banyak sekali pesan-pesan dan informasi-informasi yang bermanfaat yang disampaikan oleh dr. Gia. Pesan-pesan tersirat maupun tersurat. Pesan yang menyampaikan bahwa dalam keadaan apapun kita, tetaplah bersikap profesional dalam menjalankan amanah. Di dalam novel ini juga memberi arti bahwa hidup itu ngga selamanya berjalan mulus dan berakhir seperti apa yang kita inginkan, tetapi jika kita sudah ikhlas dan lapang akan ada keajaiban yang datang dan berakhir pada kebahagiaan. Setiap masalah yang melanda, pasti akan ada hikmah dibalik itu semua.

Kedamaian hakiki akan bersemayam dalam hati, yang menerima bahwa tersakiti hanyalah titik singgah diri menuju kebahagiaan sejati

Rating saya : 8/10

2 Comments

  1. Saya paling demen dengan cerita yang romantic begini, dan happy ending

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah berarti buku #BERHENTIDIKAMU cocok banget nih buat kamu baca 😊

      Delete