Kreasi mu bisa jadi ladang usaha mu loh

Sebuah mimpi dapat terwujud bukan karena keajaiban, melainkan karena keringat dan kerja keras

Halloo... Disini saya mau bahas lagi nih mengenai mimpi saya atau mungkin bisa disebut sebagai resolusi saya tahun 2019 ini kali yaa. Hehe. Bicara soal resolusi? udah hampir memasuki akhir bulan februari nih, sudah sejauh mana proses resolusi kalian? Udah mulai siap-siap kah, udah mulai di perjalanan atau masih parkir aja nih? Hehe. Kalau saya yang ditanya, mungkin saya berada di antara siap-siap sama dalam perjalanan. Nah loh, apa dong ya itu? Haha.


Okee. Lupakan aja soal berada dimana progress resolusi saya itu. Akhir tahun 2018 kemarin, saya sempat menuliskan apa yang ingin saya capai di tahun 2019 ini. Ada beberapa poin yang saya tulis, salah satunya yaitu saya ingin mulai belajar berbisnis. Belajar berbsinis ini merupakan tantangan terbesar dan terberat banget bagi saya. Karena basically, saya ngga punya bakat sama sekali dalam berbisnis. Bahkan keluarga saya juga ngga ada yang berbakat, even kakak saya yang pertama pernah berbisnis tapi (mungkin) bisa dibilang belum se expert pebisnis lainnya.

PERTAMA KALI BERBISNIS
Saya dan keluarga saya mulai berbisnis itu sekitar tahun 2006/2007. Kami memulai buka usaha pakaian, sprei, celana dan apa aja bahan sandang. Bahan sandang ini kami impor ( wedeww bahasanya. Re : beli) dari solo dan pekalongan. Orang tua saya biasanya mulai order bahan sandang ini setiap hari jumat. Jam 2 pagi udah berangkat ke pekalongan, dan langsung balik lagi ke bekasi. Alhamdulillah nya sih, jalanan dulu tidak seramai dan sepadat sekarang. Jadi bisa pp gitu.

Baca juga : 11 makanan di solo yang wajib dicoba!!

Kami biasanya membuka lapak di ruko pasar dan di rumah. Tapi biasanya pas weekend, kami buka lapak di pasar-pasar minggu gitu di Mutiara Gading, bekasi. Karena dulu sosial media belum se booming sekarang ini, jadi kami jualan dengan buka lapak gitu. Omset nya lumayan sih kalau diitung-itung. Itu pun berkat di bantu buka lapak juga di Mutiara Gading. Karena kalau di ruko pasar, tak semulus yang di pasar weekend ini. Dan di rumah juga, biasanya langganan tetangga aja yang suka mampir dan beli. Usaha sandang kami ini tidak bertahan lama hanya sekitar setahun/dua tahun.

Dari bisnis sandang kami langsung beralih ke bisnis kue. Mama saya ini emang jago banget soal bikin kue. Dan lebih jago bikin kue daripada bikin makanan berat gitu. Kue yang biasa mama saya bikin beraneka macam banget loh, mulai dari donat berbagai jenis kreasi, tahu fantasi, kue unyil, bolu tape, cake, martabak, sosis solo, dan resoles (resoles ini favorit banget, karena emang enak bangettt), selain itu juga jago banget bikin kue kering, kastangel sama kue nastar. Mama saya ini emang pinter banget berkreasi kalau soal bikin kue.

Kue bikinan mama ini biasanya di jualin ke tetangga pas arisan, dititipin ke tukang jualan kue sama sempet pernah buka ruko juga. Ruko nya buat jualan kue basah sama sop tulangan. Cuman sayangnya lagi, bisnis kue di ruko ini ngga berlangsung lama karena segmen pasarnya yang masih sedikit dan masih kurang tertarik. Jadi ya berhentilah bisnis kue ini, paling yang masih cuman langganan tetangga arisan mama sama nitip-nitip. Eiyaa kalau kalian ada yang mau mesen kue mama saya, bisa banget loh komen di bawah ini (loh jadi promosi gini. LOL).

NGGA BISA JUALAN
Berjualan, tawar sana tawar sini dan narik minat pelanggan itu merupakan hal terberat bagi saya. Ntah saya yang ngga bisa atau saya yang males. Karena dulu saya pernah danusan di kampus. Danusan ini tujuannya untuk memenuhi keuangan yang akan digunakan pada suatu event. Biasanya teman-teman saya berdanusan dengan keliling kelas dan nawarin kesana kemari. Tapi ini saya malah kebalikan loh. Haha. Saya malah berdiam diri saja dan meletakkan danusan saya di atas meja saya. Untungnya, danusan saya tetep laris. Bukan saya yang datangi mereka, tetapi mereka yang malah mendatangi saya. (How lucky i am). Pernah suatu ketika danusan saya ngga habis, masih sisa beberapa. Dan tau apa yang saya lakukan? Yaa saya yang beli aja itu danusan. Duh aduh emang dasarnya gabisa jualan yaa.

Tak hanya itu, kalian pasti tau kan event terbesar PIMNAS? Yaa itu yang selalu diincer oleh mahasiswa untuk bisa didanai produknya dan lolos pimnas. Sewaktu saya masih maba, membuat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) itu adalah hal yang wajib. Kebetulan saya ditunjuk sebagai ketua PKM di kelompok saya. Disitu kami dibimbing sama fasilitator (yang kurang membantu. Hehe). Kami memikirkan produk apa yang akan kami buat. Apa dalam bidang kewirausahaan, penelitian, pengabdian atau yang lain. Dan akhirnya kami memutuskan untuk membuat PKM kewirausahaan. Tak sampai disitu aja kebingungan kami, kami masih harus dibingungkan lagi dengan produk apa yang harus kami buat. Seleah berpikir begitu lama, akhirnya saya mempunyai ide untuk bikin produk sabun dari kulit jeruk. Teman-teman saya juga setuju dengan ide itu.

Sabun KuJer

Berbagai macam percobaan telah kami coba, sampai kami mengalami kegagalan beberapa kali. Akhirnya kami berhasil membuat sabun dari kulit jeruk itu. Oiyaa, sabun kami ada namanya loh. Namanya sabun KuJer. KuJer itu cuman singkatan dari kulit jeruk. Hahaha. Tak hanya sampai buat produk saja. Namanya juga kewirausahaan, pastinya harus ada laba penjualannya dong ya. Ini tantangan terberat dan terbesar kedua saya dalam berjualan. Gimana caranya saya bisa jualin nih produk?? Yaa untungnya saya ngga sendiri, ada temen saya. Oke temen saya bisa lah jualin dengan buat fanpage di facebook dan nawarin ke temen2 nya. Kalau saya? Yaa tetep guys, saya yang beli sendiri produk saya itu :') dan tentu saya paksa teman saya buat beli produk saya. (Thanks my friend).

Jadi, itulah alasan kenapa saya ngga bisa banget jualan dan ingin banget nantang diri saya untuk bisa memulai berbisnis ini

MULAI BELAJAR BERBISNIS
Di akhir tahun 2018, saya memberanikan diri menulis resolusi saya yaitu belajar memulai berbisnis. Bisnis yang saya tulis yaitu bisnis pakaian, bisnis kue dan ingin bisa punya cafe. Yaa punya cafe ini, mimpi terbesar saya. Proses untuk bisa punya cafe ini, pasti butuh modal yang besar banget ya dan perlu meniti dari awal dengan sungguh-sungguh. Dalam mimpi saya, saya ingin banget bisa punya cafe yang nyediain kue kreasi mama dan saya sama ada coffee shopnya. 

Ketika saya sedang duduk santai di teras, tetiba saya kepikiran sama kue manis satu ini. Ada yang tau? Itu dia churros. Ntah kenapa saya ingin banget bisa berbisnis kue satu itu. Strategi dalam berjualan itu salah satunya diferensiasi. Nah saya ingin banget bisa berkreasi dengan Churros ini. Ntah bentuk nya yang saya bedakan, isi dalam churrosnya atau saos pendampingnya yang saya bedakan.

Sambil memikirkan itu, iseng-iseng saya buka panduan resep online membuat churros. Diliat-liat dari bahan dan cara membuatnya mudah dan gampang dicari. Yaudah dong, fix lah saya untuk memilih churros. Saat itu juga saya langsung pergi ke pasar, untuk membeli bahan-bahan yang saya butuhkan. Bahan-bahan nya juga sederhana banget loh, ngga ribet-ribet banget. Berikut bahan-bahan membuat churros :
1. Mentega
2. Air
3. Tepung terigu
4. Gula pasir
5. Garam
6. Vanili
7. Telur

Sederhana banget kan yaa.. Oiyaa bahan churros ini sama kayak bahan membuat sus loh cuman bedanya sus di panggang, churros di goreng. Demi bisa mewujudkan mimpi berbisnis saya ini akhirnya saya mencoba untuk membuat churros. Dann taadaa ini dia hasil churros buatan pertama saya

Churros pertama saya

BERKREASI DENGAN KREASI KU BERSAMA BLIBLI.COM


Kreasi pertama ku dalam mewujudkan mimpi bisnis ku adalah churros. Namanya juga pertama kali membuatnya, pasti ngga sesuai banget dengan ekspektasi bayangan ku, yang bakalan dibentuk berbagai macam, dan dengan saos green tea. Belum bikin saos nya aja, churrosnya udah kayak gitu bentuknya. Untuk rasa sih pas, manis nya pas. Tapi sayangnya proporsi mentega dan terigu nya lebih banyak mentega, alhasil seperti itu lembek. Padahal sebelum saya membuat churros ini, saya sudah catat dan ikutin panduan resep online. Eh tapi tetep aja fail. Eitss, tapi setiap masalah tentu ada solusi nya dong. Mau tau ngga apa itu solusi nya?? Yaa untuk ada blibli.com. Solusi dari semua solusi. Jadi saya ngga perlu risau dan takut lagi, kalau saya ingin mencoba percobaan kedua atau ketiga. Karena sekarang di blibli.com, saya bisa menemukan resep makanan online enak. Dan enaknya lagi, panduan resep online makanan yang diberikan ini tidak dalam bentuk teks artikel gitu, tapi disediakan video tutorialnya. Waah menyenangkan sekali.

Cara nya mudah sekali juga. Cukup ambil hp kalian, download aplikasi blibli.com atau mengakses website resmi blibli.com, lalu pilih kategori resep makanan online. Disitu ada berbagai macam kreasi resep makanan yang ingin kalian buat loh.

Dan senangnya lagi, kalau saya ingin berkreasi lagi dengan churros saya ini. Saya ngga perlu ribet dan berpanas-panasan lagi. Karena di blibli.com ini juga menyediakan keperluan bahan-bahan makanan yang saya perlukan. Di kategori belanja bliblimart di blibli.com ini saya bisa mencari kebutuhan bahan-bahan yang saya perlukan. Cukup praktis banget bukan??

Kini saya ngga perlu takut dan risau lagi, karena semenjak adanya blibli.com terlebih adanya kategori resep makanan online. Saya menjadi semakin mudah untuk berkreasi dengan kreasi ku membuat churros. Dan saya jadi tambah semangat lagi dalam mewujudkan mimpi berbisnis yaa. Ayoo berkreasi dengan kreasi mu karena kreasi mu bisa saja menjadi ladang usaha mu. Dan tentunya bersama blibli.com. Big Choices Big Deals

5 Comments