11 Makanan di Solo yang Wajib Dicoba!!!

Libur telah tiba. Libur telah tiba. Hore. Hore. Hore. Horee. (yang baca tuisan ini sambil nyanyi, berarti kita lahir di tahun 90an yaa. Hahaha). Yaa musim liburan natal dan tahun baruan bulan Desember kemarin telah tiba. Ribuan masyarakat memanfaatkan waktu cuti liburannya untuk sekedar bertamasya bersama keluarga tercinta ataupun pulang ke kampung halamannya. Libur panjang itu memang waktu yang paling paling ditunggu-tunggu. Selain bisa merehatkan tenaga dan pikirnya, tetapi juga bisa berkumpul dan bercanda bersama keluarga. Tak dipungkiri lagi, liburan tahun baru ini sering dimanfaatkan masyarakat khususnya warga ibu kota untuk memilih berlibur di daerah dingin, yaitu puncak. Yaa puncak, menjadi destinasi wisata yang paling banyak diminati. Selain tempatnya yang sejuk, pemandangan yang indah, di daerah puncak ini juga banyak tempat wisatanya. Hemm pantesan yaa selalu jadi tempat paling favorit untuk dikunjungi.

Selain tempat dingin yang menjadi destinasi untuk berlibur, tempat-tempat lainnya juga tak ketinggalan untuk disambangi. Seperti Malang, Jogja, Solo, Semarang dan Purwokerto selalu menjadi kota tujuan. Hal itu terlihat dari ribuan orang yang memenuhi stasiun dan bandara, dengan tujuan daerah yang saya sebutkan tadi.
Seperti yang saya alami, saat berlibur ke Semarang dan Solo. Kereta penuh dengan ribuan orang dan kopernya masing-masing. Fenomena ini biasanya saya lihat saat liburan idul fitri, tetapi saat liburan kemarin pun hampir tak jauh beda seperti lebaran.

Biasanya orang kalau berlibur selain untuk berwisata juga sambil berwisata kuliner makanan khas daerah. Hal itu lah yang selalu saya incar ketika berlibur khususnya berlibur ke Solo. Solo menurut saya itu kota segudang kuliner. Dijamin deh kalau udah ke Solo, timbangan langsung naik berkilo-kilo. LOL. Gimana ngga naik ya, makanan di Solo ini literally kebanyakan bahan baku nya menggunakan santan, daging dan susu. 

Makanan apa aja yang ada di Solo ini wajib kudu harus banget dicoba. Selain rasanya yang enak dan bikin nagih, harganya juga sangat terjangkau. Nah, berikut ini saya mau ngasih tau beberapa makanan yang menurut saya wajib banget dicoba dan worth it dengan harganya. And lets check it out guys :
1. Nasi Liwet
     Makanan satu ini pasti udah ngga asing lagi kan ya di telinga kalian. Makanan sejenis nasi uduk namun lebih gurih dan disajikan dengan tambahan sayur labu, suiran ayam, telor dan juga santan putih dan kuning. Makanan ini cukup terbilang murah karena berkisar harga 8000, kalian sudah bisa menikmati hidangan nasi liwet nan gurih ini. Tempat jualan nasi liwet yang biasanya saya beli dari kecil sampai sekarang ini yaitu di pelantaran halaman SMA Al Islam 1, di Jl. Honggowoso. Menurut saya, nasi liwet ini paling enak diantara yang lain. Selain menyajikan nasi liwet, didampingi juga dengan ketan juruh. Terdiri dari ketan putih dan hijau yang ditaburi dengan gula merah dan kelapa. Rasanya manis dan gurih. Harganya juga tergolong murah sekitar 3000.
2. Pecel Ndeso dan Cabuk Rambak

   Makanan satu ini nih yang selalu menjadi daftar makanan wajib saya kalau lagi berkunjung ke Solo. Pecel ndeso dan cabuk rambak. Untuk asal usul namanya sendiri saya kurang begitu tau sih kenapa dinamakan pecel ndeso. Mungkin karena isinya hanya sayur dan ditambahkan bumbu kacang aja kali ya. Selain sayuran hijau, juga ditambahkan nasi merah dan tak lupa pelengkapnya kerupuk karak. Sehat banget bukan. Tempat jualan pecel ndeso ini di depan pasar Kadipolo deket tukang jualan kelapa parut dan bank BRI. Pecel ndeso ini bersebelahan dengan jualan cabuk rambak. Cabuk rambak itu sendiri terdiri dari ketupat yang dipotong tipis-tipis dan ditambahkan dengan saus berwarna coklat yang terbuat dari wijen, kemiri dan kelapa parut. Tak lupa yang utamanya ini yaitu kerupuk karak. Rasanya itu tentu gurih karena ada kelapanya dan juga manis dari sausnya tersebut. Untuk harganya juga terbilang terjangkau, sekitar 5000an (kalau saya ngga salah inget yaa)
3. Tahu kupat

      Namanya aja udah tau lah ya. Tahu kupat, pasti isinya tahu sama kupat. Yaa benar tapi tentunya ditambah juga dengan toping mie kuning, bakwan, kacang tanah , telur, daun seledri dan disirami dengan kuah asam. Kupat tahu yang biasa saya beli dan cukup dibilang rame dikunjungi ini terletak di Jl. Honggowoso Kawatan dan bernama tahu kupat Pak Hadi. Tahu kupat ini sudah buka dari pagi sampai sore. Untuk harganya sekitar 10.000. Ada satu lagi tahu kupat yang saya suka. Tapi sayangnya ngga mangkal, melainkan keliling. Biasanya tahu kupat ini lewat di depan rumah eyang saya di Jl. Pandudewanata 3, Kartopuran. Untuk rasanya udah pasti asem asem seger gitu.  Seperti kuah pempek. Dan sangat mengenyakan banget sih ( kalau menurut porsi perut saya sih gitu. Hehe).
4. Soto
     Makanan satu ini yang menurut saya hampir dimana-mana jualan soto. Soto favorit papa saya dan saya juga (karena sering banget diajak) yaitu soto tipes, soto gading, soto trisakti dan soto kirana. Soto ini ya kayak soto-soto pada umumnya. Yang disiram kuah kaldu, ditambah dengan suiran daging sapi atau daging ayam, bawang goreng dan daun seledri. Dan ngga pernah ketinggalan pelengkapnya nih, yang pasti selalu ada tersedia di meja. Aneka jenis makanan, seperti sate telur, perkedel, sosis solo, sate ati ampela, jeroan, tempe kering dan masih banyak lagi.
Untuk harganya sendiri sih relatif seperti harga soto pada umumnya. Namun yang ngga bikin relatif itu ketika udah mulai merambah ke makanan makanan tambahan lainnya. Tapi emang kalau ngga ditambah makanan lain, jadi kayak kurang lengkap aja gitu. Jadi yaa bebas sesuai selera aja.
5. Sate Ayam Madura
     Sate ayam madura, mungkin sudah terlalu banyak yaa selain di Solo. Tetapi sate madura disini lain guys. Selain daging ayam, ada juga uritan. Ini nih uritan nya zuper duper enak. Menurut selera saya nih yaa. Uritannya enak bangett. Ditambah saus kacangnya yang manis. Perpaduan yang pas lah menurut saya. Lokasi jualannya itu di pasar kembang dan bukanya pada malam hari. Selain disini, ada juga sate ayam pak Banjir namanya (kalau ini sih langganannya papa ku waktu kecil). Sate pak banjir ini lokasinya di deket slamet riyadi.
6. Sate Kambing Pak Manto
     Sate kambing ini baru pertama kali saya coba tapi udah langsung jatuh cinta euy. Satenya itu enak bangett.. Apalagi sate buntilnya. Behh. Mantap. Disirim dengan kecap solo yang manis bikin nambah sedep. Sate kambing ini emang paling paling laris banget. Rame nyaa, ngga karuan. Harganya sih emang mahal tapi menurut saya worth it banget sama rasanya. Dan untuk sate buntilnya bisa buat berdua karena besar banget. Lokasi jualannya di sekitaran pasar kembang juga, tepatnya di Jl. Honggowoso no 36, sriwedari, laweyan. Selain sate buntil, tersedia juga tengkleng rica-rica. Tengklengnya ini jugaa asli enak banget. Tapi emang harus sabar banget sih untuk ngantri bisa duduk, karena ramenya luar biasa.
7. Susu Shi Jack
     Ke Solo, kalau belum mampir minum susu murni, rasanya tuh kayak kurang afdol aja. Di Solo ini banyak banget angkringan yang jualan susu murni dan yang paling terkenal itu susu Shi Jack. Namanya aja susu, pasti yang dijual aneka rasa susu. Dan lucunya namanya itu aneh-aneh ada suteja, tante susi, sumur dan aneka kata lainnya. Selain susu, ada juga indomie, roti bakar, sego kucing dan yang dinanti itu makanan yang diletakkan di meja. Disini kalian bebas milih apa aja dan lalu diminta untuk dibakar. Kalau saya sukanya susu jahe coklat, sate usus, sate bakso, sate sosis mie, tahu bacem, sate telor puyuh ( loh loh, banyak banget yaa. Hahaha. Yaa emang ini yang paling enak kalau udah mampir di Shi Jack). Untuk lokasinya banyak banget dimana-mana. Cuman kalau saya biasanya di depan sate ayam madura. Yaa meskipun ngga lengkap sih makanan di meja nya, tapi itu yang paling deket dengan rumah. Hehe
8. Sate kere

     Denger namanya unik yaa, sate kere. Sate ini nih yang dari dulu saya tunggu-tunggu dan alhamdulillah kemarin pas ke Solo bisa beli sate kere ini. Untuk lokasi yang di tempatnya saya kurang begitu tau sih. Cuman sate ini keliling di sekitar rumah eyang saya. Sate kere itu terdiri dari sate ayam, sate sapi sama sate gembus. Ukurannya juga kecil-kecil sih, mungkin ini kali yaa dinamakan sate kere, karena emang murmer banget harganya. Waktu itu saya beli 5 sate gembus, 5 sate ayam sama 5 satr sapi itu totalnya 15.000. Wee berarti satunya seribuan yaa. Woww.. Sate kere ini disiram dengan saus kacang, saus pecel gitu. Jadi yaa pedes pedes manis gitu. Enak sih menurut saya. Rasanya unik. Hehe
9. Selat solo, bakmi toprak dan tengkleng
     Ketiga makanan ini juga patut banget dicoba. Tapi sayangnya saya ngga begitu tau alamat tempat jualannya. Selat solo ini setau saya khas Solo. Yang terdiri dari daging printilan gitu, kentang, daun selada, wortel, dan disiram dengan saus manis asem kayak kuah bestik gitu. Plus ditambah dengan mayonaise. Rasanya seger banget. Bakmi toprak yang terkenal itu namanya bakmi toprak yunani. Dan untuk tengkleng, rekomendasi dari saudara itu yang terletak di sekitar pasar klewer.

Yaa. Itu dia makanan-makanan yang wajib kudu harus banget dicoba kalau lagi berkunjung ke Solo. Soal rasa dijamin deh apalagi soal harga. Eitss. Tapi rasa itu selera yaa. Karena selera kan beda-beda. Semoga rasa ku dan rasa mu sama yaa. LOL

Ini hanya rekomendasi makanan buat kalian yang mau dan akan ke Solo. So, jangan lupa dicoba yaa. Hehe


9 Comments

  1. Saya yang orang Solo aja nggak pernah minum susu shi jack. Kalau mau minum susu segar, yang enak di Boyolali. Soalnya, itu tempat penghasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah iya bener banget kak, di boyolali emang tempat penghasilnya. Saya kalau ke shi jack, yang paling diincer pertama makanan yang dijejer di meja kak. Hehe

      Delete
  2. Waktu liburan lalu ke Solo, cuma sempet icip nasi liwet dan sate beserta tengklengnya aja. Perlu adegan ulangan untuk bisa mencicipi semua menu di atas ^_^.
    Salam kenal ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo salam kenal ^^
      Heem jadi pengen ke solo lagi nih kak nyicipin semua makanan itu. Hehe

      Delete
  3. Hai, Mbaaak ... Orang Solo juga, yaaa? Salam kenaaal. Yaah, meskipun aku tergolong keturunan orang Solo aja karena nggak terlalu banyak tahu soal Solo, hihihi ...

    Yes, setuju banget kalau ke Solo jangan lupa kulinerannya. Makanan di sana enak-enak dan muraaah, ahay! Ini nih yang bikin kaki nggak bisa diam di rumah. Muterrr aja terus cicip ini dan itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo salam kenal ^^ sama aku juga bukan orang solo asli. Papa yang asli solo. Hehe

      bener bangett. Murah, enak dan pastinya pulang pulang langsung naik berat badannya. Hehe

      Delete
  4. yang paling manteb itu selat solo sama nasi liwet.
    itu kalau saya sih. hhihihi

    ReplyDelete
  5. Asyiikkk ada rekomen nih, nanti kalo udah stay di Solo bakal nyicipin satu2 ah. Haha

    ReplyDelete