#IniSaatnya berbisnis dengan mudah


20 hari sudah kita meninggalkan tahun 2018 dan menginjak tahun 2019 di bulan Januari. Pasti masing-masing dari kalian punya arti dan rasa sendiri di tahun 2018 kemarin. Kalau saya, rasa di tahun 2018 itu nano-nano, rasanya campur-campur, senang dan tentunya sedih. Senang karena di tahun 2018, saya resmi lulus menjadi mahasiswa Undip (Baca : Wis(uda)h). Sedih karena di bulan November tahun 2018 kemarin, saya baru saja kehilangan orang yang paling saya sayang, yaa itu dia Ayah saya. Bulan Januari-Desember 2018 kemarin itu emang sangat-sangat Histeria banget bagi saya. Yaa itu lah arti dari tahun 2018 saya. 2018 sudah berlalu dan #IniSaatnya kita sambut tahun 2019. Like  a new chapter and new life. Seperti orang-orang bilang,

There is a saying : yesterday is a history, tomorrow is a mystery, but today is a gift. That is why it is called the "present" 

Pergantian tahun biasanya identik dengan resolusi. Emang apa sih resolusi itu? Kalau diliat dari katanya, seperti terbagi menjadi re dan solusi. Re = ulang, berarti mengulang solusi kita. Yaa. Mengulang atau mengatur solusi atau mengatur siasat atau strategi kita, agar bisa tercapai mimpi yang belum sempet tercapai. Kalau merujuk ke kbbi, resolusi itu suatu putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. Tuntutan tentang suatu hal itu sama aja seperti mimpi atau keinginan kita. Kalau ditanya seputar resolusi, tentunya saya ingin menjadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Untuk menjadi yang lebih baik lagi itu, biasanya saya susun dalam sebuah catatan kecil saya atau saya buat potongan kertas lalu saya tempelkan di dinding kamar saya. Jadi sewaktu saya lagi berdiri, langsung melihat potongan kertas yang saya tuliskan mimpi saya itu.


Gambar diatas ini mungkin semacam resolusi saya di tahun 2019. Itu hanya sebagian aja sih, sisanya saya tulis di buku. Di tahun 2019 ini tentunya saya ingin bisa dapet KERJA 🙏(Aamiin). Selain itu, saya ingin bisa lebih aktif nulis lagi di blog sama ingin banget bisa buat buku dan nerbitin buku yang saya buat (Semoga bisa tercapai yaa. Aamiin). Satu keinginan lagi nih yang mungkin terbilang out of the box banget bagi diri saya. Karena saya itu ngga punya bakat banget dalam berjualan. Flash back dulu ya sebentar. Hehe

Sewaktu musim ramainya event kampus. Pasti deh buat nyari dana selain nyari sponsorship juga ngerahin seksi danus buat jualan kue, air minum, kosmetik dan apa aja yang bisa dijualin buat nyari dana. Nah, karena ngga mungkin kan kita tega ngorbanin seksi danus buat jualan seorang diri dengan anggota nya, yaa paling 6-7 orang untuk bisa ngejar target dana yang dibilang besar banget. Alhasil kita diluar seksi danus, juga ikut berkontribusi ngejualin danusannya tersebut. Dan pas saya yang kebagian jualan (padahal sih saya berharap banget ngga kebagian danusan), seharusnya sih door to door ke kelas-kelas buat nawarin danusannya, ini saya malah diem aja di bangku dan saya letakkin aja danusannya itu diatas meja. Tapi alhamdulillah nya nih tanpa harus keliling, danusannya saya ludes langsung. Bahagia banget saya. LOL. Nah itu dia kan saya emang ngga punya bakat banget buat jualan. 

Tapi #ResolusiBisnis2019 saya, ingin banget bisa punya bisnis sendiri. Saya sih kebayangnya ingin punya bisnis baju, makanan sama pengen bangeettt bisa punya restoran sendiri (Semoga bisa tercapai lagi yaa 🙏🙏). Kenapa saya ingin menekuni bisnis itu? Karena saya terbilang suka banget beli baju online gitu. Tiba-tiba saya kepikiran, daripada saya beli baju online terus (bikin kantong menipis) mending saya bikin baju sendiri. Selain bisa saya pakai, bisa juga saya jualin lewat online. Bisnis kue sendiri itu, saya cuman numpang bantu ngejualian aja sih. Mama saya aja yang jago bangettt bikin kue. Kalau saya sih paling jago banget ngerecokin. LOL. Nah untuk punya restoran sendiri, sebenernya ini udah kebayang banget dari tahun lalu. Hal ini terinspirasi dari diskusi sesama anggota komunitas Lentera Nusantara. Jadi alhamdulillah komunitas Lensa sudah punya rumah baca sendiri, nah awalnya bingung rumah yang akan dibangun ini akan digunakan untuk apa. Tetiba saya memiliki ide untuk dibuat semacam kafe buku gitu. Sosialnya dapet, enterpreneurnya juga dapat. Ide ini terinspirasi juga sih dari cafe buku Deqiko di Semarang. 

Sumber : https://www.dewirieka.com/2015/04/kafe-buku-deqiko-tempat-nongkrong-dapat.html?m=1

Kurang lebih konsep cafe saya akan seperti itu. Cafe buku. Tetapi ngga hanya ada tempat buat baca buku saja. Saya ingin cafe ini nantinya menjadi tempat yang nyaman buat sekedar nongkrong sama temen, keluarga atau sama pacar. Saya pengen nyediain tempat buat family room, yang ada karaokenya, tempat main anak, dan tempat nonton film. Ngga hanya ada di family room, di cafe ini nantinya juga ingin ada layar lebar gitu buat nobar. Khusus buat yang ingin ngerjain tugas atau skripsi gitu, pastinya ingin suasanya yang sepi kan ya. Nah, inginnya kayak ada tempat khusus buat mereka yang ingin suasananya hening dan damai. Jangan khawatir buat yang pengen narsis di sosial media, di cafe impian saya ini nantinya bakal dibuat tempat yang pastinya instagramable abis.

Untuk mewujudkan #ResolusiBisnis2019 ini pastinya perlu modal, bahan baku, alat dan keterampilan kan ya. Terlebih saya ingin bisnis baju dengan menjahit sendiri. Pastinya saya harus ikut kursus jahit terlebih dahulu. Untuk kursus jahit sendiri, di deket rumah saya, ada tempat yang menerima kursus jahit. Awalnya di tahun 2018 kemarin saya ingin daftar (untuk ngisi waktu kosong nunggu panggilan kerja) tetapi berhubung ayah saya sakit jadi belum bisa. Di awal tahun ini, saya berkesempatan untuk datang ke tempat kursus itu, ibu nya baik banget dan waktu yang diberikan juga cukup banyak. Tetapi saya masih ragu-ragu, untuk ikut apa enggak. Alasan keraguan saya ini yaitu saya ngga punya mesin jahit di rumah.. Setelah saya pikir-pikir, kalau saya udah mulai kursus jahit dan tau tekniknya tapi ngga langsung saya praktekin itu sama aja nihil. Sia-sia nantinya. 

Nah, biar saya bisa manfaatin ilmu yang nanti saya dapetin. Karena di era digital ini, apa aja mudah banget didapatkan. Saya akhirnya iseng nyari-nyari mesin jahit di platform belanja online gitu. Tapi sebenernya saya masih agak trauma sih beli di platform belanja online gitu. Takut suppliernya ngga terpercaya dan ngga rekomended. Karna dulu saya pernah kecewa gitu, saya udah bayar tapi barang udah hampir sebulan, ngga dianter-anter. Alhamdulillahnya uang saya bisa balik. Sempet bingung mau nyari dimana, kalau mau nyari di toko elektronik gitu males banget harus keliling. Sampai akhirnya saya nemuin ralali.com, tempat saya bisa dapetin berbagai kebutuhan usaha saya. Disana ada banyak banget kebutuhan usaha mulai dari bahan baku, alat-alat dan bisa grosir juga. Mesin jahit yang ingin saya cari, juga ada disini loh. Waah seneng banget saya.


Selain itu banyak sekali promo yang diberikan. Di tempat ini, selain ada promo. Ada juga voucher potongan harga gitu loh. Kaum hawa denger kata promo, pasti langsung berbinar-binar gitu matanya. 


Karena Ralali.com ini memiliki visi untuk menjadi platform bisnis terbaik yang mementingkan kepuasan pelanggan. Dan senangnya lagi, untuk memenuhi kebutuhan cafe impian saya, di tempat ini juga menyediakan apa aja yang akan saya butuhkan. Disini ada berbagai kategori yang ingin kalian cari. Mulai kebutuhan usaha kecantikan, otomotif, cafe dan masih banyak lagi.


Cara berbelanja di tempat ini juga mudah banget loh, ngga perlu repot-repot kalau saya mesti keluar ke toko elektronik. Cukup duduk cantik didalem rumah aja, buka hp mu dan install aplikasinya. Setelah itu daftar kan dirimu, setelah terdaftar dan akun terverifikasi. Kalian tinggal login dan pilih apa aja yang ingin kalian beli. 


Alurnya sama seperti platform belanja online lainnya. 
1. Login dahulu ke situs Ralali.com
2. Pilih barang yang ingin kalian beli, lalu klik beli
3. Tulis alamat kalian yang lengkap
4. Pilih jasa pengiriman kalian, bisa lewat jne atau jnt
5. Pilih metode pembayaran. Metode pembayaran disini banyak banget pilihannya. Jadi bisa disesuain deh        dengan kartu yang kalian punya.
6. Terakhir tinggal klik pesan dan bayar

Gampang banget kan... Gausah repot-repot, kepanasan, capek muter-muter. Tinggal duduk manis, keluar sebentar ke ATM dan tinggal tunggu barangnya diantar. Kalian juga bisa mantau barang kalian sudah diantar apa belum, lewat sini.



Gimana, mudah banget bukan? Karena dengan adanya Ralali.com, untuk mewujudkan #ResolusiBisnis2019 saya menjadi lebih mudah. Dan #IniSaatnya kalian tau Ralali.com. Dan semoga #ResolusiBisnis2019 saya untuk bikin bisnis baju dan kue online bisa tercapai yaa. Untuk cafe impian saya, itu butuh proses panjang banget. Hehe yang penting saya tau kemana tempat yang akan saya tuju. Udah pasti kan yaa, di Ralali.com aja

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Ralali.com. Tonton video di bawah ini ya ⬇

2 Comments