Hal-Hal Unik Saat Lebaran Tiba

Lebaran idul fitri merupakan suatu bentuk kemenangan bagi umat muslim. Kemenangan dalam menahan hawa nafsu, kemenangan dalam menahan lapar dan haus serta kemenangan dalam menahan amarah. Itu semua berat untuk kami lakukan, mungkin untuk menahan lapar dan haus tidaklah berat, tetapi yang berat itu ketika harus menahan amarah, hawa nafsu serta menahan untuk berghibah. Tentunya dengan niat karena Allah, itu semua telah kami lakukan selama 30 hari lamanya di bulan Ramadhan. Tiba saatnya satu momen yang paling ditunggu-tunggu bagi umat muslim. Itu ialah hari raya Idul Fitri. Lebaran, satu momen yang sangat indah dan sangat ditunggu-tunggu umat muslim ketika bulan Ramadhan tiba. Ternyata di balik itu semua, tersimpan hal-hal unik yang biasanya kami lalukan dari tahun ke tahun. Kira-kira apa aja ya?? Mau tau apa itu? Nah, berikut hal-hal unik yang biasa dilakukan saat lebaran tiba menurut versi gue ya. Check it out :
1. Kue lebaran
   
  
   Hal satu ini yang harus selalu ada di meja tamu. Berbagai jenis kue lebaran diletakkan di meja tamu, mulai dari kue nastar, kastangel, kue putri salju, kue sagu dan berbagai jenis kue lainnya. Ada dua jenis kue yang wajib banget harus ada itu kue nastar sama kastangel. Ntah kenapa nya, gue juga ga paham. Tapi emang pasti selalu ada. Saat gue berkunjung ke rumah bude gue, pasti ada. Ke tetangga, ada juga. Mungkin ada yang tau, bisa comment. Hehe karena gue juga penasaran sih. Sama hal unik yang baru gue ketahui saat ini yaitu meskipun mereka udah punya kue lebaran masing-masing, saat bersilaturahmi pasti mereka juga nyicipi kue lebaran katanya sih buat ngebedain enakan punya siapa kue lebarannya. 
2. Mudik
     
   Yaa, ini sih yang paling bikin lebaran semakin berkesan. Mudik, yeaaa. Mudik biasanya dilakukan untuk bersilaturahmi ke rumah orang tua yang ada di jawa tengah, jawa timur maupun di luar pulau jawa. Ada juga yang mudik ke jawa barat kayak di sukabumi, kuningan, cirebon dll. Momen ini sih yang paling paling ditunggu sama warga jabodetabek. Berbondong bondong meninggalkan kota jabodetabek menuju kampung halamannya masing masing. Menurut gue, lebaran taun ini tuh lebaran yang paling lama bagi pegawai negeri karena sampe 10 hari biasanya cuman berapa hari doang. Tapi alhamdulillah ini lama jadi bisa lama di kampung halaman dan tentunya bisa mencegah macet di jalan juga. Yang gue tau liat di tv seputar info mudik, jalanan selama mudik lebaran taun ini ga sampe macet kayak taun lalu. Yaa pasti ada juga sih macet tapi ga separah taun lalu. (Fyi) aja ya, taun lalu gue mudik sampe 2 hari di jalan gengsss.. Gile ga tuh. Apa biasa aja? Itu semua imbas dari tol baru sih, tol brexit. Eiyaa kayaknya gue dulu pernah ceritain juga cerita lika liku penuh perjuangan gue dan keluarga mudik taun lalu. Kalau yang penasaran bisa liat dibawah ini yaa. Hehe

Mudik itu hal yang asik menurut gue karena bisa merasakan perjuangan macet macetan, tidur di masjid kalau ga tidur di rest area like pom bensin, mandi di masjid, dan kalau lagi laper banget ga nemu tempat makan, mlipir makan pop mie. Taun ini gue ga mudik, dan gue merasa ada sesuatu yang hilang saat ga mudik. Hahaha (agak lebay). Gue juga pernah dulu demi menemani perjalanan yang lumayan panjang ini, gue beli CD musik. Dulu sih hits nya lagu peterpen, ungu sama ebiet g ade. Hehe. (Fyi) aja gue mudik ke solo sama semarang. Perjalanan menuju ke solo, normalnya itu 12 jam kalau ke semarang 9 jam. Eiya berkat mudik juga gue jadi lumayan hafal jalanan di pantura. Yaa meskipun gue banyak tidurnya tapi dikit dikit tau lah yaa.
3. Opor ayam dan Ketupat lebaran

     Makanan satu ini nih, makanan setaun sekali yang bikin kolesterol naik dan tentunya berat badan juga ikut naik. Bayangin aja coba, gimana ga bisa naik. Makanan yang kita makan aja semuanya dari santan, opor ayam pake santan, rendang pake santan, sambal goreng ati juga pake santan. Fix dah, satu hari itu kami semua makan makanan bersantan. Berkat lebaran gue juga ikut senang sih karena semua tukang jualan kayak daging, ayam, santan, ketupat, sama tukang sayur jadi rame banget. Pasar disulap jadi super duper rame banget. Satu lagi yang menambah rezeki itu buat tukang parkir. Saking ramenya pasar, satu hari itu bisa 30-50 motor kali ya. Kalau satu motor 2rb dikalikan dengan 30. Woww Subhanallah banget yaa. Sama gue juga liat fenomena baru lagi, warga yang dulunya bukan penjual kelapa atau daging, tiba-tiba gelar tiket jualan itu semua. Ini sih fenomena yang baru banget gue rasain taun ini karena lebaran dulu dulu, keluarga gue ga bikin opor sayur tapi yang nyicip nyicipi opor sayur di rumah bude gue. Tapi dibalik luar biasanya banget karunia Allah kepada para penjual, sedih juga sih karena harga semua makanan melejit naik super dratis. Perihal berat badan naik, kenapa bisa? Karena satu hari itu kita makan opor ayam terus dari satu tempat ke tempat lain. Tiap kita berkunjung pasti ditawari makan opor ayam. Dan dirumah juga pasti makan opor ayam dari pagi sampe malam. Eitss tapi jangan lupa diselingi sama buah juga ya. Biar netralin kolesterol yang numpuk itu. Hehe
5. Hiasan bunga warna warni

     Kalau hal satu ini, gue sih baru tau banget banget. Gue tau ketika nemanin mama ke pasar. Gue liat ibu ibu pada borong bunga. Gue mikir mungkin buat ziarah kali ya, tapi setelah diliat lebih lanjut bunganya beda cuy. Gue tanya aja ke mama, katanya itu bunga buat ditaroh di ruang tamu. Lah tujuannya buat apa ya? Katanya sih buat bikin harum ruangan karena bunga itu emang harum sih. Jadi ya fungsinya buat itu aja pengharum ruangan sekaligus percantik ruangan.
6 . Ziarah
      Ini biasanya dilakukan setelah sholat ied dan bersilaturahmi. Ziarah ke makam sanak keluarga maupun kerabat dekat. Makam yang biasanya sepi tiba tiba jadi rame banget. Berbondong bondong untuk ziarah ke makam.
7. Silaturahmi

    Yaa ini dia.  Silaturahmi untuk saling bermaaf-maafan dan juga tentunya untuk memperkuat tali silaturahmi. Mungkin yang dulunya sibuk banget sama kerjaan, di momen nan suci nih bisa diberi kesempatan untuk bersilaturahmi. Kegiatan ini yang biasa dilakukan setelah sholat ied, ketika udah berhalal bi halal bersama keluarga, selanjutnya berkunjung ke tetangga tetangga untuk bersilaturahmi sekaligus bermaafan. Ke tempat saudara atau bahkan ke tempat kerabat dekat. Kalau di keluarga papa di solo, udah ada tradisi dari taun ke taun yaitu halal bi halal keluarga besar bani nachrowi sama bani apa gitu, aku lupa ._.
Yaa, disinilah semua 11 bersaudara berkumpul, sekitar 40 cucu berkumpul dan sekitar 10 cicit juga berkumpul. Biasanya setelah berhalal bi halal, hari berikutnya kami pergi ke tawangmangu sekedar rekreasi dan berkumpul bersama sanak saudara.
8. Baju baru

     Baju baru alhamdulillah, dipake di hari raya. Tak punya pun tak apa apa masih ada baju yang lama. Yaa, pasti pada tau kan lirik lagu diatas. Hahaha. Momen lebaran biasanya, dimanfaatin orang-orang untuk berbondong membeli baju baru. Tempat perbelanjaan dijamin ga pernah sepi, rame terus. Gimana ga rame? Di pusat perbelanjaan dimana pun berada, pasti ngebandolin harga diskon disetiap barangnya, pasti pada tergiur dengan diskon tersebut. Selain itu, ada juga yang beli bahan untuk dijait biar baju lebarannya nanti seragaman pas lebaran. 

    Yaa itulah 8 hal unik yang pasti ada saat lebaran tiba. Unik bukan sih? Menurut gue sih unik, dan kayaknya cuman di Indonesia aja yang ada tradisi seperti itu. Tapi jangan salah ya guys, momen maaf maafan itu bukan saat lebaran aja, tapi kita sesama umat muslim harus saling memaafkan. Baik kita berbuat salah maupun bukan kita yang berbuat salah. Semoga tetap pada istiqomah yaa, yang di lebaran ini mulai hijrah untuk memakai hijab, dan istiqomah dalam ibadah. Jangan lupa juga untuk terus perkuat tali silaturahmi yaa. Jadi, jangan sampai silaturahmi nya hanya setaun sekali. Hehe

1 Comments

  1. Ada 1 lagi bisa nambah jadi 9 tu, kalau mudik naik motor cuma ada pas di lebaran aja kita bisa baca tulisan2 lucu yang di tulis pakai kertas trus di tempel dibelakang tas nya "mudik jakarta-solo, ngapunten mak dereng seget beto mantu manguk ten solo" hehehe

    ReplyDelete