Shopping, nafsu, nabung. What??

Mendengar kata fashion. Pasti tak jauh-jauh dari kata perempuan. Bagi perempuan, fashion merupakan pelengkap bagi dirinya. Tak heran jika melihat seisi pusat perbelanjaan, kebanyakan isinya perempuan. Apalagi saat musim diskon tiba. Mereka rela dari pagi sampai sore mengobrak-abrik pakaian, sepatu, tas dan lain-lainnya. Namun, bagaimana jika pergi ke pusat perbelanjaan melihat pameran baju dengan duit yang mepet? Hahaha. Itu pernah gue alami. Rasanya nyesek banget (sedikit lebay). Mencoba untuk menahan, tapi rasanya kaki dan mata ini tetap ingin tertuju pada pameran baju tersebut. Berkali-kali mencoba menahan tetapi tetep aja kebawa nafsu untuk membelinya. Alhasil duit nya jadi sangat mepet buat kehidupan di kosan nanti. Hahaha. Mungkin ini ada sedikit tips dari gue buat yang suka fashion dan orang tua lo udah ngasih lo duit bulanan buat hidup di kosan dan kalau diitung-itung buat beli sesuatu mepet banget dan takut ga cukup buat di kosan nanti

Yang pertama. Pastiin lo punya duit yang cukup untuk kehidupan di kosan nanti khususnya buat yang ngekos. Apabila tetep lo paksakan. Gue jamin, pas sampai di kosan nanti. Idung lo pasti kembang kempis. Pusing mikirin kehidupan lo di kosan seorang diri selama 30 hari sampai dikirimin uang dari orang tua. Apabila lo bener-bener kepengen banget beli. Mending lo gausah kemana-kemana. Mendekep aja di dalam rumah. Lo apus semua akun online shop di ig lo (kejam banget).  Apabila lo bosen di dalam rumah dan pengen pergi untuk sekedar cuci mata. Gue saranin mending lo bawa duit sekedarnya aja dan gausah bawa kartu atm. Lo manjakan aja mata lo dengan melihat model baju, tas dan sepatu terbaru. Selain itu, lo sugestiin juga hati lo supaya bisa menahan untuk tidak membelinya. (Gue pernah nyobain dan berhasil. Hahaha)

Yang kedua sebelumnya lo sudah nabung dari jauh-jauh hari dan lo catet duit yang ditabung itu bakal mau dibeliin apa aja. Sebagai contoh ya. Misal lo di kasih uang jajan sama orang tua 2,5 jt selama 30 hari. (Gue saranin lo punya satu atm yg udah ga kepake) dari 2,5jt itu, lo ambil 500rb buat lo masukin ke atm satunya. Selama satu semester itu kira-kira ada 6 bulan. Kalau di total-total berarti 500rb × 6 = 3jt. Wisss gilee kan. Lo bisa nabung sebanyak 3jt. Tapi karena kita anak kosan yang butuh berbagai hal. Paling suka kepake tapi tenang aja meskipun ga bisa sampe 3jt, palingan di tabungan lo itu ada 1-1,5 jt lah. Lumayan banget kaann. Eitss itu contoh yaa. Misal, lo gabisa nabung 500rb. Lo bisa nyisain duit 100rb atau 200rb buat ditabung. Itu juga sangat lumayan. (Dan itu udah juga gue coba dan hasil nya alhamdulillah)

Yang ketiga. Misal lo bener-bener kebelet banget pengen beli tuh baju/tas/sepatu. Okee sok aja kalian beli. Tapi ingat kalian kudu manajemen keuangan lo. Lo pisahkan dulu duit buat makan, buat belanja bulanan, dan buat kepeluan lainnya yang tak terduga. Nih gue kasih contoh lagi yaa. Misal, lo dikasih duit 1,8 jt sama orang tua. Untuk makan, sehari lo makan seharga 20rb. Kalau di total-total selama 30 hari berarti 20rb×30 = 600rb. Lo ambil 400rb buat belanja keperluan lo. Dan lo ambil lagi 300rb buat keperluan lainnya yang tak terduga. Dan terakhir 200rb buat lo tabung. Sisanya berarti 1,8jt - 1,5jt = 300rb. Nah 300rb ini bisa buat lo beli baju/tas/sepatu tapi hanya satu aja. Yaa cuman sekedar memuaskan hasrat kepengenan beli lo aja. Kalau masih pengen beli lagi kembali baca tips yang pertama yaa. Hahaha ( dan ini juga udah pernah gue coba dan berhasil) namun terkadang suka meleset sih perkiraannya tapi suka berhasil terus kok. Hehehe.

Nah, itu dia girls tips dari gue buat para cewe cewe yang suka banget fashion tapi duit nya mepet buat kehidupan di kos nanti. Atau tips kedua dan ketiga itu juga bisa dijadikan tips buat lo nabung.

Eeitsss. Hampir kelupaan tips atau nasehat dari gue lah yaa.. Walaupun lo suka banget beli ini itu, transfer ini itu buat bayar baju yang lo beli di olshop. Jangan lupa sisihkan duit lo buat di sedekahin yaa. Jadi biar berkah itu duit lo. Selain lo bisa memuaskan hasrat lo, lo juga bisa membersihkan harta lo dan bisa membantu orang lain yang membutuhkan.

Ingat yaa girls. Jangan sampai lupa untuk BERSEDEKAH dan semangat untuk menabung!!

Okee sekian tips ala ala dari gue semoga bisa bermanfaat ^^


0 Comments